Apakah Setiap Orang Terlahir Sedikit Biseksual? Studi Ini Coba Menjawabnya

By Bayu Dwi Mardana Kusuma, Sabtu, 20 Juli 2019 | 09:05 WIB
Jarang Diketahui, 1 dari 10 Perempuan Ternyaa Idap Gangguan Seksual Ini! (iStock)

Nationalgeographic.co.id - Dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak orang yang menganggap orientasi seksual sebagai spektrum daripada label atau identitas yang kaku.

Konsep kontinum orientasi seksual pertama kali disarankan oleh ahli biologi Amerika Alfred Kinsey yang menerbitkan karya-karya berpengaruh pada seksologi selama pertengahan abad ke-20, yang menimbulkan reaksi kontroversial pada saat itu.

Dia juga mengembangkan Skala Kinsey, yang mengukur orientasi seksual pada skala 0 sampai 6 (dengan 0 secara eksklusif heteroseksual dan 6 secara eksklusif homoseksual) dibandingkan dengan pendekatan hitam-putih.

Dalam sebuah makalah yang dipublikasikan tentang seksualitas manusia, peneliti dari Cornell University dan University of Essex membawa lebih banyak temuan yang menunjukkan bahwa heteroseksualitas absolut dan kaku mungkin tidak ada. Mereka menguji responden pria dan wanita saat menonton video porno yang menampilkan jenis kelamin. Para peneliti secara khusus mengamati pelebaran pupil mereka, yang merupakan indikator gairah seksual.

Baca Juga: WHO: Lebih Dari Satu Juta Orang Terkena Penyakit Menular Seksual Setiap Harinya

Utarakan kebutuhan seksual kepada pasangan ()

"Anda tidak dapat mengendalikan pelebaran mata Anda. Pada intinya, itulah yang coba kami lakukan, cara lain untuk menilai seksualitas tanpa mengandalkan pengakuan diri," jelas rekan penulis Ritch Savin-Williams, seorang profesor perkembangan psikologi di Cornell. "Cara lain, tentu saja, adalah gairah genital, tetapi itu sedikit invasif,” imbuhnya.

Menariknya, penelitian tersebut menemukan bahwa wanita yang diidentifikasi sebagai lesbian menunjukkan respon yang lebih kuat terhadap wanita yang menarik daripada pria yang menarik. Namun, wanita yang diidentifikasi normal terangsang oleh kedua jenis kelamin sampai tingkat tertentu.

Rekan penulis, Gerulf Rieger, dari Department of Psychology di University of Essex mengatakan, bukti yang gagal membuktikan bahwa lesbian yang paling maskulin menunjukkan pola gairah seksual khas laki-laki.

Baca Juga: Diduga Alami Pelecehan Seksual, Wanita yang Alami Koma Hampir 10 Tahun ini Melahirkan

"Meskipun beberapa lesbian lebih maskulin dalam gairah seksual mereka, dan yang lainnya lebih maskulin dalam perilaku mereka, tidak ada indikasi bahwa wanita ini adalah wanita yang sama," Dr. Rieger menjelaskan.

"Ini menunjukkan kepada kita bahwa penampilan wanita di depan umum belum bisa memberikan petunjuk pasti kepada kita mengenai preferensi peran seksual mereka. Pria itu sederhana, tetapi respons seksual perempuan tetap menjadi misteri," jelasnya.