Kondom di Zaman Kuno Terbuat dari Kain, Seperti Apa Bentuknya?

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 17 Januari 2022 | 08:00 WIB
Kondom abad ke-17 dari Swedia. (Ancient Origins)

Nationalgeographic.co.id—Di masyarakat saat ini, ada berbagai bentuk kontrasepsi yang tersedia di pasaran. Salah satunya adalah kondom. Rupanya kondom memiliki sejarah yang lebih panjang di belakangnya. Orang dahulu juga memiliki akses ke alat kontrasepsi, meskipun beberapa di antaranya mungkin tampak agak aneh bagi pengamat modern.

Kondom

Salah satu metode kontrasepsi tertua (jika ada yang mengecualikan metode perilaku, misalnya pantang, coitus interuptus, seks non-penetratif, dll.) adalah penggunaan kondom. Menurut beberapa orang, penggambaran kondom paling awal dapat ditemukan pada lukisan gua berusia 13.000 tahun di Grotte des Combarreles, Prancis.

Akan tetapi, dapat dikatakan bahwa interpretasi ini sepenuhnya bergantung pada interpretasi orang yang melihat lukisan gua. Kondom paling awal yang bertahan berasal dari usia yang jauh lebih tua. Beberapa firaun Mesir kuno, Tutankhamun, misalnya, memiliki kondom yang terbuat dari kain sebagai bagian dari barang-barang kuburan mereka.

Kondom orang Mesir kuno diyakini tidak digunakan untuk tujuan kontrasepsi, tetapi digunakan untuk mencegah penyakit tropis. Namun demikian, alat kontrasepsi memang ada di Mesir kuno.

Kondom Tutankhamun, diidentifikasi melalui residu DNA. (Gallivantrix.com)

Kondom dengan manual Latin dari Museum Sejarah Universitas Lund 1813. ( CC BY-SA 3.0 ) (Ancient Origins)

Papirus Medis Kahun (dikenal juga sebagai Papirus Ginekologi), yang bertanggal sekitar tahun 1825 SM, merekomendasikan penggunaan campuran kotoran buaya dan beberapa bahan lain (sekarang tidak diketahui) sebagai kontrasepsi.

Campuran ini kemudian akan dibentuk menjadi pesari, dan dimasukkan ke dalam vagina wanita. Telah diklaim bahwa di India dan Timur Tengah, ini diganti dengan kotoran gajah. Menurut satu hipotesis, kotoran buaya bersifat basa, sehingga bertindak sebagai spermisida. Sebuah kontra-hipotesis mengklaim bahwa peningkatan nilai pH dalam vagina bermanfaat bagi sperma, sehingga membuat kehamilan lebih mungkin terjadi.

Baca Juga: Editorial Edisi Agustus 2020: Relik Suram Pascaperang Asia Timur Raya

Gunakan Merkuri sebagai Alat Kontrasepsi

Sementara pessarium kuno tersebut mungkin tidak memiliki efek samping negatif pada kesehatan penggunanya, hal yang sama tidak dapat dikatakan pada metode kontrasepsi lainnya. Salah satunya di Tiongkok kuno. Kala itu, mereka menggunakan merkuri cair diminum oleh wanita untuk mencegah kehamilan. Karena logam ini menyebabkan keguguran, itu akan efektif sebagai kontrasepsi. Di sisi lain, merkuri sangat beracun, dan konsumsinya dapat membahayakan organ dalam, menyebabkan gagal ginjal dan paru-paru, merusak otak, dan akhirnya menyebabkan kematian.