Hati-Hati, Perubahan Pada 6 Bagian Tubuh Ini Tunjukkan Adanya Gangguan Kesehatan

By , Jumat, 6 April 2018 | 18:00 WIB

Bagian luar tubuh kita mungkin memberikan sinyal tertentu mengenai kesehatan kita. Hal tersebut dapat terlihat melalui perubahan warna, bentuk atau tekstur di bagian tubuh tertentu yang bisa menjadi tanda masalah medis yang harus ditangani.

Berikut ini adalah perubahan enam bagian tubuh yang perlu Anda perhatikan:

Kuku

Munculnya titik-titik putih atau garis-garis pada kuku jari Anda merupakan pertanda kekurangan mineral. Namun, beberapa ahli kesehatan bersikeras bahwa ini hanyalah mitos.

(Artikel terkait: Mendengkur Tanda Adanya Gangguan Kesehatan)

"Kadang-kadang, perubahan dalam penampilan kuku Anda mengindikasikan adanya penyakit. Namun, perubahan ini akan lebih dramatis dibandingkan bintik putih yang hanya muncul sesekali," kata Dr. Andrew Weil, direktur  Arizona Center for Integrative Medicine di University of Arizona.

Namun, pemutihan progresif dari seluruh kuku—yang dikenal sebagai kuku Terry—dapat  mengindikasikan kondisi kesehatan seperti sirosis, gagal ginjal kronis, dan gagal jantung kongestif.

Rambut

Kerontokan, penipisan dan kekeringan rambut mungkin merupakan tanda-tanda gangguan tiroid—baik tiroid aktif maupun kurang aktif—yang dapat mempengaruhi siklus pertumbuhan rambut dan folikel serta menyebabkan rambut rontok. Namun, hilangnya rambut di tepi luar alis mata secara spesifik bisa menjadi indikator tiroid yang kurang aktif (hipotiroidisme).

Payudara

Perubahan tiba-tiba pada payudara wanita seperti penebalan atau membesarnya benjolan tidak boleh diabaikan. Sementara kebanyakan wanita tidak memiliki simetri payudara yang sempurna, satu payudara yang tiba-tiba menjadi lebih besar daripada yang lain dapat menunjukkan masalah seperti infeksi atau bahkan kanker. Nipple discharge—cairan yang keluar dari putting susu—pada wanita yang tidak hamil harus segera diperiksakan ke dokter, terutama jika mengandung darah atau terjadi tanpa rangsangan/iritasi.

(Baca juga: Mencuci Piring Menjadi Salah Satu Sumber Konflik Hubungan di Rumah)

Mata