6 Makanan Tinggi Karbohidrat yang Tidak Membuat Gemuk

By , Selasa, 17 April 2018 | 16:00 WIB

Makanan yang mengandung karbohidrat erat kaitannya dengan kenaikan berat badan. Pasalnya, meski sebagian besar karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh akan diubah menjadi energi, sisanya akan disimpan dalam bentuk cadangan lemak.

Namun, tunggu dulu. Tidak semua makanan mengandung karbohidrat itu jahat untuk timbangan, lho! Beberapa makanan tinggi karbohidrat ini dijamin tidak akan bikin berat badan naik. Memang, apa rahasianya?

Daftar makanan mengandung karbohidrat yang tidak bikin berat badan cepat naik

Jika Anda ingin tetap makan karbo tapi tidak ingin berat badan naik terus, carilah sumber makanan yang mengandung karbohidrat pati resisten.

Pati resisten adalah jenis karbohidrat kompleks yang tidak bisa dicerna oleh usus. Di usus, pati resisten akan menghasilkan asam lemak rantai pendek yang disebut SCFA sebagai sumber energi bagi sel-sel di usus.

(Baca juga: Benarkah Minum Obat Batuk Dapat Bantu Wanita yang Ingin Hamil?)

Pati resisten akan merangsang sistem pencernaan Anda untuk melepaskan hormon kenyang yang lebih banyak, sehingga membantu menurunkan nafsu makan hingga lebih lama.

Dilansir dalam Healthline, makanan mengandung karbohidrat pati resisten dilaporkan bermanfaat untuk meningkatkan sensitivitas insulin yang bisa menstabilkan kadar gula darah. Efeknya, Anda tidak akan mudah merasa lemas dan lesu setelah makan.

Selain itu, Prevention menyebut sebuah studi yang menemukan bahwa memenuhi menu makan Anda hanya dengan 5.4% asupan total karbohidrat pati resisten akan mempercepat pembakaran lemak setelah makan sebanyak 20-30 persen. Meskipun begitu, masih dibutuhkan penelitian-penelitian ilmiah lebih banyak dalam lingkup besar pada manusia untuk benar-benar memastikan bukti pati resisten untuk mengurangi berat badan.

Apa saja makanan yang mengandung karbohidrat pati resisten?

Oat

Oat (bubur havermut) adalah makanan mengandung karbohidrat pati resisten yang baik. Dalam 100 gram porsi oat standar mengandung sekitar 3.6 gram pati resisten, sementara jenis rolled oats bisa mengandung pati resisten hingga 11.3 gram per 100 gram porsinya.

Untuk semakin meningkatkan kandungan pati resistennya, dinginkan oats yang sudah matang selama beberapa jam atau hingga semalaman sebelum disantap.

Beras coklat

Per 200 gram nasi dingin yang terbuat dari beras bisa mengandung 3 gram pati resisten.  Bukan hanya kaya pati resisten, beras cokelat juga kaya akan vitamin dan mineral yang membantu proses pemecahan energi dalam tubuh.

Beras putih sebenarnya juga memiliki sifat yang sama seperti beras cokelat ketika didinginkan, meskipun kadar pati resistennya tidak setinggi beras cokelat.