Arkeolog Temukan Jalan Raya Spektakuler yang Hilang di Arab Kuno

By Wawan Setiawan, Rabu, 19 Januari 2022 | 16:00 WIB
Jalan pemakaman (bagian dari yang ditunjukkan di sini) sudah ada sejak 4.500 tahun yang lalu di Arab Saudi. (Royal Commission for Al Ula)

Nationalgeographic.co.id—Dengan menggunakan citra satelit, fotografi udara berbasis helikopter, survei tanah, dan penggalian, para arkeolog dari The University of Western Australia telah menemukan orang-orang yang tinggal di barat laut Arabia pada Zaman Perunggu Awal hingga Pertengahan yang membangun 'jalan pemakaman' jaringan jalan raya utama pada zaman mereka. Diperkirakan berusia 4.500 tahun, jalan yang terpanjang membentang sejauh 170 kilometer, di samping ribuan makam batu yang berbentuk liontin.

Mereka disebut jalan pemakaman karena makam terletak di samping mereka. Sementara prosesi pemakaman bisa terjadi pada mereka, ini tidak pasti. Mereka akan menghubungkan oasis bersama dan membentuk semacam jaringan jalan raya kuno, kata para peneliti.

Beberapa jalan digambarkan dengan batu merah, tetapi sebagian besar "hanya terbentuk karena tanah menjadi halus oleh langkah kaki orang-orang kuno - dan terutama oleh kuku hewan peliharaan mereka," ujar Matthew Dalton, seorang rekan peneliti di University of Australia Barat dan penulis utama makalah yang baru-baru ini diterbitkan dalam jurnal The Holocene pada 13 Desember 2021 dengan judul The Middle Holocene ‘funerary avenues’ of north-west Arabia.

Temuan ini menunjukkan bahwa populasi yang tinggal di Jazirah Arab pada 4.500 tahun yang lalu jauh lebih terhubung secara sosial dan ekonomi daripada yang kita duga sebelumnya.

“Dengan mengikuti jaringan ini, orang bisa menempuh jarak setidaknya 530 km dari utara ke selatan. Ada juga petunjuk jalan seperti itu di Arab Saudi selatan dan di Yaman. Ini memerlukan penelitian lebih lanjut tetapi bisa menyarankan lebih lama lagi pergerakan jarak jauh oleh populasi kuno," tulis Dalton.

Para ilmuwan menemukan jalan raya ini di atas area seluas 160.000 km persegi. Mereka memiliki lebih dari 17.800 makam 'liontin' yang tercatat di wilayah studi utama mereka di kabupaten Al Ula dan Khaybar di Arab Saudi, di mana sekitar 11.000 di antaranya merupakan bagian dari jalan pemakaman.

Makam berbentuk lubang kunci yang mengapit jalan pemakaman di al Ha'it Oasis. (The University of Western Australia)

“Konsentrasi tertinggi monumen pemakaman di jalan ini terletak di dekat sumber air permanen, dengan arah jalan menunjukkan bahwa penduduk menggunakannya untuk bepergian di antara oasis besar, termasuk oasis Khaibar, Al Ula dan Tayma.” kata Dalton, seperti yang dilaporkan Tech Explorist.

“Jalan yang lebih kecil memudar ke lanskap di sekitar oasis, menunjukkan bahwa rute itu juga digunakan untuk memindahkan kawanan hewan peliharaan ke padang rumput terdekat selama periode hujan. Oasis-oasis ini, terutama Khaybar, memamerkan beberapa monumen pemakaman terpadat yang dikenal di seluruh dunia.” terang Dalton.

Ia juga menambahkan,“Jumlah makam Zaman Perunggu yang dibangun di sekitar mereka menunjukkan bahwa populasi sudah mulai menetap lebih permanen di lokasi yang menguntungkan ini saat ini.”

Di sini, bagian dari jalan pemakaman di Arab Saudi, diapit oleh makam batu berbentuk liontin. (Royal Commission for Al Ula)

Direktur Proyek Dr. Hugh Thomas, juga dari School of Humanities UWA, mengatakan penelitian ini merupakan tahun yang luar biasa untuk proyek tersebut.