10 Tanda Ini Indikasikan Anak Anda Menderita Autisme

By , Rabu, 25 April 2018 | 16:00 WIB

"Mungkinkah anak saya menderita autisme?" Sepuluh tanda pada anak usia 6 sampai 12 bulan di bawah ini bisa saja tanda yang mengindikasikan adanya autisme pada anak anda.

Meskipun autisme sering tidak dapat didiagnosis sampai usia tiga tahun, pada beberapa anak mulai menunjukkan adanya tanda-tanda keterlambatan perkembangan sebelum mereka berusia satu tahun.

Meskipun tidak semua bayi dan balita dengan penundaan akan mengalami autism spectrum disorders (ASD), para ahli menunjukkan deteksi dini tanda-tanda ini sebagai kunci untuk memanfaatkan diagnosis dini dan intervensi, yang diyakini dapat meningkatkan hasil perkembangan.

Baca juga: Tes Darah dan Urine Bisa Deteksi Autisme

Menurut dokter Rebecca Landa, direktur Pusat untuk Autisme dan Gangguan Terkait di Kennedy Krieger Institute di Baltimore, Md., Orang tua perlu diberdayakan untuk mengidentifikasi tanda-tanda peringatan ASD dan penundaan komunikasi lainnya.

"Kami ingin mendorong orang tua untuk menjadi pengamat yang baik terhadap perkembangan anak-anak mereka sehingga mereka dapat melihat indikator awal keterlambatan dalam komunikasi, keterampilan sosial dan motorik bayi," kata dokter Landa.

Ia juga memperingatkan bahwa beberapa anak dengan perkembangan ASD tidak menunjukkan tanda-tanda sampai setelah ulang tahun kedua atau bahkan mundur setelah perkembangan yang khusus.

Selama dekade terakhir, Dr. Landa telah mengikuti saudara kandung bayi dari anak-anak dengan autisme untuk mengidentifikasi tanda-tanda dari gangguan ini sejak dini.

Penelitiannya menunjukkan bahwa diagnosis dimungkinkan pada beberapa anak berusia14 bulan dan memicu pengembangan model intervensi dini yang telah terbukti meningkatkan hasil untuk balita yang menunjukkan tanda-tanda teekena ASD pada usia satu dan dua tahun.

Dokter Landa kemudian merekomendasikan kepada orang tua ketika bermain dengan bayi mereka (6 - 12 bulan), untuk mencermati tanda-tanda berikut yang telah dikaitkan dengan diagnosis ASD atau gangguan komunikasi lain di kemudian hari:1. Jarang tersenyum ketika didekati oleh pengasuh

2. Jarang mencoba meniru suara dan gerakan yang dilakukan orang lain, seperti tersenyum dan tertawa, selama pertukaran sosial sederhana

3. Tertidur atau jarang mengoceh

4. Tidak menanggapi namanya dengan konsistensi yang meningkat dari 6 - 12 bulan