Sekilas Detail Pada Mumi Amenhotep I Terungkap Dalam CT Scan

By Agnes Angelros Nevio, Kamis, 20 Januari 2022 | 10:00 WIB
Mumi Mesir yang dibuka di British Museum di London. ()

Nationalgeographic.co.id-Aneh sekali rasanya bahwa kita hanya mengetahui sedikit hal tentang kehidupan Amenhotep I. Dia memerintah Mesir dari 1525 hingga 1504 SM, 21 tahun yang mengesankan. Kita tahu bahwa dia adalah raja kedua dari dinasti ke-18 Mesir. Dia tidak diharapkan untuk mewarisi takhta, dan dia mungkin telah memerintah bersama ibunya untuk waktu yang singkat.

Kita tahu bahwa namanya berarti "Amun terpuaskan"—Amun menjadi salah satu dari delapan dewa primordial dalam mitologi Mesir, serta dewa udara. Berkat hieroglif yang masih hidup, kita juga tahu bahwa Amenhotep berusaha keras untuk mempertahankan perbatasan kerajaannya yang berkembang pesat, berperang dengan Libya kuno dan kerajaan Kush.

Kurangnya dokumentasi seputar Amenhotep mungkin ada hubungannya dengan fakta bahwa pemerintahannya relatif damai dan makmur, hanya ditandai dengan perbaikan kecil dalam administrasi pemerintahan dan pembangunan beberapa candi baru seperti candi Amun di Karnak.

Sejarawan menduga bahwa lebih banyak yang dapat ditemukan tentang Amenhotep jika kita dapat menemukan makam aslinya. Namun, ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Tidak ada bukti yang diketahui, tekstual atau arkeologis, yang menunjuk ke lokasi makam asli. Selain itu, tubuh Amenhotep telah dipindahkan beberapa kali, termasuk oleh firaun berikutnya yang berusaha melindungi jenazahnya dari perampok.

Untungnya, sisa-sisa mumi Amenhotep masih dapat memberikan wawasan substansial tentang periode sejarah asal mereka. Sayangnya, mempelajari sisa-sisa ini terbukti sulit karena satu alasan: ketika Amenhotep dimakamkan, muminya dipasangi topeng wajah karton yang dibuat dengan susah payah. Topeng ini masih menempel di wajah Amenhotep hari ini, dan para peneliti khawatir bahwa setiap upaya untuk membuka mumi secara fisik dapat berisiko merusak atau bahkan menghancurkan artefak yang tak ternilai harganya.

Baca Juga: CT Scan Amenhotep I Bebaskan Pendeta Mesir dari Tuduhan Pencurian

Upaya sebelumnya

Sementara para peneliti ragu-ragu untuk melihat mumi itu sendiri, mereka tidak membuang waktu untuk memeriksa sekelilingnya. Amenhotep berbaring di dalam sarkofagus yang dihiasi dengan prasasti hieroglif atau map yang tidak hanya menyebutkan namanya tetapi juga fakta bahwa peti mati ini, meskipun terlihat sangat kuno, bukanlah yang asli dari Firaun.

Menurut map, Amenhotep I telah dibungkus ulang dan dikuburkan kembali di Deir el-Bahari Royal Cache oleh Dinasti ke-21, yang memerintah dari 1069 hingga 945 SM. Dokumen bahkan mencatat nama-nama orang yang membungkus ulang firaun: Pinedjem I, Imam Besar Amun yang melayani dinasti ke-21, dan putranya Masarharta.

Penguburan kembali ini mungkin menandai kejadian terakhir bahwa tubuh Amenhotep terlihat oleh orang lain. Saat ini, itu adalah salah satu dari segelintir mumi yang belum dibuka di zaman modern, dan semua yang kita ketahui tentangnya telah disimpulkan dari teknologi yang dapat mengintip di bawah perban tanpa melepasnya.

Setelah digali, mumi itu disimpan di Museum Mesir di Kairo. Pada tahun 1932, sinar-X menentukan bahwa firaun berusia antara 40 dan 50 tahun pada saat kematiannya. Setelah teknologi sinar-X berkembang pesat, Amenhotep dipindai lagi. Kali ini, perkiraan usianya jauh lebih muda; kondisi giginya secara khusus menunjukkan bahwa firaun tidak mungkin berusia lebih dari 25 tahun ketika dia meninggal.