Bagaimana Cara Orang Kuno Bangun Tepat Waktu Sebelum Hadirnya Alarm?

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 22 Januari 2022 | 07:00 WIB
Orang zaman kuno bangun tepat waktu menggunakan cara unik sebelum alarm diciptakan. (Kuchnia.wp/ Ancient Pages)

Nationalgeographic.co.id—Masyarakat modern bergantung pada jam. Hampir semua yang kita lakukan harus tepat waktu. Baik itu pergi ke sekolah, bekerja, atau bertemu teman, kita hanya perlu jam untuk hidup. Tidak diragukan lagi, mengikuti jam kerja terkadang bisa membuat stres, tetapi itu sudah menjadi kebutuhan.

Tetapi mengandalkan dan bergantung pada jam siang dan malam bukanlah hal baru. Orang kuno juga memiliki tugas yang harus dilakukan tepat waktu. Tidur sepanjang hari bukanlah agenda nenek moyang kita.

Jadi bagaimana orang kuno bangun tepat waktu sebelum jam weker ditemukan oleh orang Yunani kuno?

Kita tahu bahwa ide dasar dari jam alarm dapat ditelusuri ke Ctesibius, seorang insinyur Yunani kuno, fisikawan, dan matematikawan yang tinggal di Alexandria, Ptolemaic Mesir.

Ctesibius (285–222 SM) adalah Bapak Pneumatik, cabang teknik yang memanfaatkan gas atau udara bertekanan. Ctesibius adalah ilmuwan hebat di masanya. Beberapa bahkan menggambarkannya sebagai seorang jenius kuno. Dia terkenal karena tiga penemuannya - pompa hisap, jam air, dan hydraulis, alat musik yang merupakan nenek moyang organ pipa. Jam tertua dalam sejarah adalah jam air.

Namun, jauh sebelum orang mengenal jam air, mereka masih bisa bangun tepat waktu. Penduduk asli Amerika juga mengandalkan air, tetapi tidak dengan cara yang sama. Dengan minum banyak air, penduduk asli Amerika bisa bangun lebih awal dari yang diharapkan, tapi sayangnya tidak untuk waktu tertentu. Praktik minum berlebihan ini digunakan oleh penduduk asli Amerika hingga abad ke-20.

Fragmen jam air basal berasal dari periode akhir, dinasti ke-30 Mesir. Museum Arkeologi Mesir Petrie, London. (Public domain)

Orang Mesir kuno memiliki metode efektif lain yang membantu mereka bangun tepat waktu. Pada 245 SM, orang Mesir kuno datang dengan penemuan cerdik yang kemudian dikenal sebagai jam mekanik pertama di dunia. Mereka hanya memasukkan air ke dalam bejana setiap jam untuk menunjukkan waktu. Dengan menambahkan mekanisme alarm seperti pelet yang mengenai pelat logam, jam alarm yang efektif telah dibuat.

Seiring waktu berlalu, lonceng agama Kristen juga berfungsi untuk menandai berlalunya waktu sepanjang hari sebelum orang memakai jam tangan. Orang-orang Kristen tahu bahwa suara lonceng memanggil pengunjung gereja untuk berdoa di pagi hari. Bagi umat Islam, doa menandai awal hari, dan mereka masih melakukannya sampai sekarang.

Seorang knocker-upper di Leeuwarden. (Public domain)

Selama Revolusi Industri, ketika jam alarm tidak murah dan tidak dapat diandalkan, Knocker Upper menjadi terkenal. Seorang Knocker-Upper adalah sebuah profesi di Inggris dan Irlandia dan orang-orang tersebut bertanggung jawab untuk membangunkan orang yang sedang tidur sehingga mereka dapat bekerja tepat waktu. Pabrik mempekerjakan seseorang untuk mengetuk jendela dengan tongkat panjang atau penembak kacang untuk memastikan karyawan tiba di pabrik tepat waktu.

Tapi siapa yang membangunkan knocker-upper? Menurut penulis Richard Jones, "bagian atas pengetuk adalah burung hantu malam dan tidur di siang hari sebagai gantinya, bangun sekitar pukul empat sore."