Pejuang Wanita Amazon Berusia 2.500 Tahun, Dikuburkan dengan Harta

By Hanny Nur Fadhilah, Jumat, 28 Januari 2022 | 09:00 WIB
Pejuang wanita yang kuat itu berusia 20-an ketika dia meninggal dan dikuburkan dengan perhiasan. (Anahit Khudaverdyan/National A)

Nationalgeographic.co.id—Para ahli dari National Academy of Sciences menggali sisa-sisa beberapa tahun yang lalu. Setelah melakukan penggalian, mereka menemukan kerangka prajurit wanita berusia 2.500 tahun  di tempat yang dikenal sebagai nekropolis Bover I di Provinsi Lori, Armenia utara.

Studi ini menyoroti budaya prajurit dan mungkin mitos Yunani Kuno. Kerangka prajurit wanita ini adalah bagian dari suku Urartu yang didirikan di sana antara abad ke-9 dan ke-6 SM. Celakalah siapa pun yang menghalangi mereka; mereka mempertahankan wilayah mereka ke gagang dengan berbagai luka pada kerangka, mengungkapkan kegigihan mereka.

Tingginya sekitar 165 sentimeter, wanita pejuang Amazon yang diyakini berusia dua puluhan ini dimakamkan dengan bejana keramik dan perhiasan yang berasal dari periode Armenia Awal (abad ke-8-6 SM). Situs pemakaman kerajaan di Urartu – sebuah kerajaan Zaman Besi – bertempat di lingkungan budaya yang unik yang berfokus pada perburuan, militer, dan ekonomi perdagangan.

Tim Akademi Nasional, yang dipimpin oleh Dr. Anahit Khudaverdyan, menerbitkan laporan mereka di International Journal of Osteoarchaeology.

Sebuah laporan menyebutkan bahwa terdapat detail mengerikan seperti "mata panah logam yang terperangkap di tulang pahanya." Tidak jelas saat ini apakah dia terjebak atau apakah luka ini terjadi jauh sebelum kematiannya, dengan luka-luka di kemudian hari yang menyebabkan dia keluar dengan kejam.

Para arkeolog juga menemukan luka di pahanya yang kemungkinan disebabkan oleh senjata jarak jauh. (Anahit Khudaverdyan/National A)

Dikutip dari Daily Mail, tengkoraknya yang berlubang menunjukkan kematian yang kejam, sementara luka potong dan tusukannya menunjukkan dia berkelahi. Cederanya menunjukkan bahwa dia terkena pedang dan dihabisi saat dia berbaring di medan perang kuno dengan kapak.

Informasi pada tubuh wanita ini menunjukkan dia adalah seorang pejuang yang ganas yang menikmati pertempuran dan pertumpahan darah. Dia memiliki perlekatan otot yang kuat, dada yang sangat berkembang, dan deltoid, sehingga dia bisa menjadi pemanah. Otot glutealnya yang besar bisa juga berasal dari berburu atau menunggang kuda.

Baca Juga: Penemuan Mengejutkan, Amazon Sudah Jadi Sumber Pencemar Udara di Dunia

Meskipun diperkirakan pria dan wanita Urartu sering berburu bersama, hanya satu contoh wanita lain yang ditemukan di daerah ini. Kehadiran kerangka semacam itu menempatkan daging di tulang, bisa dikatakan teori tentang wanita Amazon yang ada dalam dongeng.

Dikutip The Mail, prajurit menyukai orang-orang Yunani yang terinspirasi ini di Armenia. “Sumber-sumber di Yunani Kuno menunjukkan adanya apa yang disebut Wanita Amazon di wilayah pegunungan Kaukasus (antara Laut Hitam dan Laut Kaspia).”

Amazon memiliki status legendaris, salah satunya pejuang wanita kuno yang tangguh dalam pertempuran. Warisan hidup dalam karakter abadi dalam film Wonder Woman, yang kisah-kisahnya menginspirasi latar belakang dan kemampuan Amazon. Kebenaran mungkin dihilangkan dari contoh ideal ini, tetapi yang jelas adalah bahwa pejuang wanita pasti ada di beberapa titik dalam sejarah.