Astronom Tak Menduga Temukan Planet Raksasa Gas Terdekat dengan Bumi

By Wawan Setiawan, Minggu, 23 Januari 2022 | 13:00 WIB
Ilustrasi sebuah planet ekstrasurya gas raksasa yang mengorbit bintang tipe-G, yang mirip dengan TOI-2180 b. (NASA)

Nationalgeographic.co.id—Seorang astronom UC Riverside dan sekelompok ilmuwan warga yang bermata elang telah menemukan planet gas raksasa yang ternyata selama ini telah tersembunyi dari pandangan. Berkat alat pengamatan bintang yang khas, planet tersebut akhirnya terdeteksi.

Planet, yang diberi nama TOI-2180 b, memiliki diameter yang sama dengan Jupiter, tetapi hampir tiga kali lebih besar. Para peneliti juga percaya planet tersebut mengandung 105 kali massa Bumi dalam unsur-unsur yang lebih berat daripada helium dan hidrogen. Tidak ada yang seperti itu ada di tata surya kita.

Rincian temuan ini telah diterbitkan dalam The Astronomical Journal pada 13 Januari 2022 berjudul The TESS-Keck Survey. VIII. Confirmation of a Transiting Giant Planet on an Eccentric 261 Day Orbit with the Automated Planet Finder Telescope* dan dipresentasikan pada acara pers virtual American Astronomical Society pada saat itu juga.

"TOI-2180 b adalah planet yang sangat menarik untuk ditemukan," kata astronom UCR, Paul Dalba, yang membantu mengonfirmasi keberadaan planet tersebut. "Itu mengenai trifecta dari 1) memiliki orbit beberapa ratus hari, 2) relatif dekat dengan Bumi (379 tahun cahaya dianggap dekat untuk sebuah planet ekstrasurya), dan 3) kita dapat melihatnya transit di depan bintangnya. Sangat jarang bagi para astronom untuk menemukan planet yang memeriksa ketiga kotak ini." sambungnya.

Pencari Planet Otomatis Lick Observatory, digunakan untuk membantu menghitung massa dan orbit planet baru. (Laurie Hatch/Lick Observatory)

Dalba juga menjelaskan bahwa planet ini istimewa karena membutuhkan 261 hari untuk menyelesaikan perjalanan mengelilingi bintangnya, waktu yang relatif lama dibandingkan dengan banyak raksasa gas yang dikenal di luar tata surya kita. Kedekatannya yang relatif dengan Bumi dan kecerahan bintang yang diorbitnya juga memungkinkan para astronom untuk dapat mempelajari lebih lanjut tentangnya di masa mendatang.

Untuk menemukan eksoplanet, yang mengorbit bintang selain matahari kita, satelit TESS NASA melihat satu bagian langit selama sebulan, lalu bergerak. Ia sedang mencari penurunan kecerahan yang terjadi ketika sebuah planet melintas di depan sebuah bintang.

"Aturan praktisnya adalah kita perlu melihat tiga 'penurunan' atau transit sebelum kita yakin telah menemukan sebuah planet," kata Dalba. Peristiwa transit tunggal dapat disebabkan oleh teleskop dengan jitter, atau bintang yang menyamar sebagai planet. Karena alasan inilah, TESS tidak fokus pada peristiwa transit tunggal ini. Namun, sekelompok kecil ilmuwan warga mencoba untuk memahaminya.

Melihat data TESS, Tom Jacobs, seorang anggota kelompok dan mantan perwira angkatan laut AS, melihat cahaya redup dari bintang TOI-2180, hanya sekali. Kelompoknya memberi tahu Dalba, yang berspesialisasi dalam mempelajari planet yang membutuhkan waktu lama untuk mengorbit bintangnya.

Menggunakan Teleskop Pencari Planet Otomatis dari Lick Observatory, Dalba dan rekan-rekannya mengamati tarikan gravitasi planet pada bintang, yang memungkinkan mereka untuk menghitung massa TOI-2180 b dan memperkirakan berbagai kemungkinan untuk orbitnya.

Berharap untuk mengamati peristiwa transit kedua, Dalba mengorganisir kampanye menggunakan 14 teleskop berbeda di tiga benua di belahan bumi utara. Selama 11 hari pada Agustus 2021, upaya tersebut menghasilkan 20.000 gambar bintang TOI-2180, meskipun tidak satupun dari mereka yang mendeteksi planet ini dengan pasti.