Menyingkap Tantangan di Balik Geliat Penambangan Mineral di Honduras

By Galih Pranata, Sabtu, 29 Januari 2022 | 12:00 WIB
Tambang emas San Andres di Honduras. (Minerals of the West/Mining.com)

Nationalgeographic.co.id—Seperti semua negara di kawasan Amerika Tengah, geologi wilayah Honduras sangat menguntungkan untuk emas dan pertambangan mineral berharga lainnya.

Negara ini terletak di mana banyak lempeng tektonik berkumpul, yang menyebabkan aktivitas vulkanik, patahan, dan sesar, yang umumnya dikaitkan dengan adanya mineral dan emas.

"Proses vulkanisme bertanggung jawab untuk membawa emas dan mineral logam lainnya ke permukaan," tulis Rare Gold Nuggets dalam artikelnya berjudul "Gold Mining and Prospecting in Honduras", publikasi 2015.

Sebagian besar ahli geologi percaya bahwa deposit emas di Honduras kemungkinan tercipta di sekitar lubang panas yang pernah ada di dasar lautan, dan akhirnya terdorong ke permukaan karena tumbukan berulang lempeng tektonik. 

"Hasil dari pergerakan ini telah menciptakan endapan emas yang sangat tersebar," tambahnya.

Luasnya patahan dan rekahan telah menjadi tantangan bagi perusahaan pertambangan eksplorasi di Honduras, karena kemunculan emas seringkali kecil dan terfragmentasi karena aktivitas ini.

Sungai Rio Coco yang membelah Honduras dan Nikaragua telah lama diketahui mengandung emas placer. Sungai Rio Cuaymel dan Patuca juga diketahui telah ditambang oleh penduduk setempat dan pemukim Spanyol.

Baca Juga: Seperti Emas, Dahulu Kotoran Dinosaurus Diburu oleh Para Penambang

Selama abad ke-16, perak telah mendapat perhatian paling besar dari orang-orang koloni Spanyol. Meksiko dan negara-negara lain di kawasan Amerika Tengah, diperkirakan memiliki banyak tambang mineral, seperti perak.

Beberapa tambang paling awal terletak di sekitar Danli, Tegucigalpa, Gracias, dan Santa Rosa. Banyak dari tambang lapisan ini juga menghasilkan emas sebagai komoditas nomor dua dari tambang perak.

El Mochito merupakan proyek pertambangan terbesar yang beroperasi di Honduras, dan merupakan produsen utama perak dan seng. Emas yang ditemukan di sana terbatas, tetapi banyak tambang di sekitarnya memiliki hasil emas yang berkualitas.

"Selain El Mochito, San Martin telah menjadi salah satu tambang emas terkaya di negara ini, dan telah memproduksi 100.000 ons emas per tahun," terusnya.