Selidik Mosasaurus, Monster Laut yang Berenang dengan Gaya Dada

By Ricky Jenihansen, Senin, 31 Januari 2022 | 16:00 WIB
Platecarpus adalah salah satu mosasaurus yang dulu tumbuh subur di Western Interior Seaway. (GETTY IMAGES)

Nationalgeographic.co.id—Mosasaurus adalah monster laut sejati dari akhir zaman kapur sekitar 65 juta tahun yang lalu. Pada masanya, mosasaurus merupakan predator laut yang paling dominan seperti dinosaurus yang mendominasi daratan.

Mosasaurus sangat mungkin akan memakan hampir setiap jenis mangsa yang bisa mereka tangkap, termasuk ikan, hiu, burung laut, hingga Mosasaurus lainnya. Sebagai perumpamaan, Mosasaurus seperti paus Orca di zaman sekarang.

Ukuran Mosasaurus terbesar sebanding dengan ukuran hiu Megalodon. Menurut Natural History Museum yang berada di London, Inggris, hiu raksasa yang hidup antara 15,9 juta hingga 2,6 juta tahun lalu ini mampu memiliki panjang tubuh sekitar 15 sampai 18 meter.

Monster laut ini terkait dengan ular modern dan biawak, tumbuh sepanjang lima puluh kaki, menonjolkan dua deretan gigi tajam, dan mencabik-cabik korban mereka dengan rahang yang besar dan kuat.

Sekarang, sebuah penelitian yang dipresentasikan di GSA Annual Meeting in Phoenix, Arizona belum lama ini menunjukkan bahwa mosasaurus memiliki keuntungan kuat lain, kemampuan berenang gaya dada yang kuat. Menurut penelitian tersebut, gaya berenang ganda itu, katanya, bisa membuat mosasaurus unik di antara tetrapoda (hewan berkaki empat) lainnya.

"Kami tahu bahwa para mosasaurus kemungkinan besar menggunakan ekor mereka untuk penggerak. Sekarang kami berpikir bahwa mereka juga menggunakan kaki depan mereka, atau ekor dan kaki depan mereka bersama-sama," jelas penulis utama Kiersten Formoso, Ph.D. mahasiswa paleontologi vertebrata di University of Southern California dalam publikasi The Geological Society of America.

Mosasurus adalah predator laut yang paling dominan di masanya. (Thomas Miller)

Studi sebelumnya mencatat bahwa mosasaurus memiliki lingkar dada besar yang luar biasa, rangkaian tulang yang mendukung kaki depan. Tetapi sebagian besar menganggap makhluk itu berenang menggunakan ekor panjang mereka, seperti buaya atau paus.

Gaya berenang yang halus dan disesuaikan jarak jauh disebut "jelajah," sebagai lawan dari gerakan "meledak" dan itu sesuai dengan hukum dinamika fluida. sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa makhluk besar itu menggunakan ekornya yang panjang untuk bergerak dalam gaya berenang jarak jauh yang dikenal sebagai "cruising" atau "meluncur".

Untuk mengetahui lebih jauh, apakah mosasaurus beradaptasi dengan ledakan, beradaptasi dengan kemampuan jelajahnya, atau keseimbangan yang tidak biasa dari keduanya, para peneliti fokus pada lingkar dada yang terlalu besar. Mereka mempelajari fosil Plotosaurus, sejenis mosasaurus, di Museum Sejarah Alam Los Angeles County. Selain itu, mereka menggunakan ukuran ikat pinggang mosasaurus yang diterbitkan dalam penelitian lain.

Mereka menentukan bahwa lingkar dada yang besar dan ditempatkan secara tidak biasa mendukung perlekatan otot yang besar. Selain itu, kata Habib, asimetri dalam struktur tulang adalah tanda yang kuat, gerakan pull-down yang disebut adduksi. Analisis ini menunjukkan bahwa mosasaurus menggunakan kaki depan mereka untuk berenang gaya dada, menambahkan semburan kuat tenaga penggerak pada kemampuan mereka untuk berenang dan melesat dengan kecepatan tinggi.