Penemuan Spesies Baru Serangga yang Sangat Langka di Uganda Barat

By Ricky Jenihansen, Sabtu, 5 Februari 2022 | 16:00 WIB
Phlogis kibalensis (Alvin Helden)

Nationalgeographic.co.id - Peneliti dari Anglia Ruskin University (ARU), Inggris melaporkan telah menemukan spesies baru serangga yang sangat langka di Uganda Barat. Saking langkanya, kerabat terdekatnya terakhir terlihat pada tahun 1969, 53 tahun yang lalu.

Dr. Alvin Helden dari Anglia Ruskin University (ARU) menemukan spesies baru tersebut saat melakukan kerja lapangan dengan para mahasiswa di hutan hujan Taman Nasional Kibale di Uganda barat. Serangga tersebut merupakan anggota famili Cicadellidae atau leafhopper.

Spesies baru tersebut ia beri nama Phlogis kibalensis. Penemuan tersebut telah diumumkan di jurnal Zootaxa dengan judul "A new species of the unusual leafhopper genus Phlogis Linnavuori (Hemiptera: Cicadellidae: Signoretiinae) from Uganda".

Spesies baru tersebut memiliki kilau metalik yang khas, tubuh berbintik-bintik, dan yang sama dengan kebanyakan wereng, organ reproduksi jantan berbentuk unik. Dalam hal ini sebagian berbentuk daun, termasuk dalam kelompok, atau genus, yang disebut Phlogis.

Baca Juga: Spesies Serangga Kecil Baru Ditemukan, Panjangnya Hanya Satu Milimeter

Sebelum penemuan baru ini, penampakan serangga dari anggota famili Cicadellidae atau leafhopper tersebut terakhir yang tercatat dari genus langka ini adalah di Republik Afrika Tengah pada tahun 1969. Leafhopper berkerabat dekat dengan cicada tetapi jauh lebih kecil, dengan jantan dari spesies Phlogis kibalensis yang baru ditemukan hanya sepanjang 6,5 mm.

Makanan utama leafhopper adalah getah tanaman, disedot langsung dari floem, dan dimangsa oleh invertebrata, termasuk laba-laba, kumbang, dan tawon parasit, serta burung.

Taman Nasional Kibale, Uganda (Safaris Uganda)

Dr. Helden, anggota Applied Ecology Research Group di Anglia Ruskin University (ARU), mengatakan dalam ARU News: "Menemukan spesies baru ini adalah pencapaian sekali seumur hidup, terutama karena kerabat terdekatnya terakhir ditemukan di negara lain. lebih dari 50 tahun yang lalu. Saya tahu itu adalah sesuatu yang sangat istimewa segera setelah saya melihatnya."

Ia menjelaskan, leafhopper dari genus ini, dan suku yang lebih luas, sangat tidak biasa dalam penampilan, dan jarang ditemukan. Faktanya, mereka sangat langka sehingga biologinya hampir sepenuhnya tidak diketahui, dan kita hampir tidak tahu apa-apa tentang Phlogis kibalensis, spesies baru ini. "Saya menemukan, termasuk tanaman apa yang dimakannya atau perannya dalam ekosistem lokal," kata Halden.

"Masih banyak yang harus ditemukan, tidak hanya tentang spesies ini tetapi banyak lainnya, termasuk banyak spesies yang masih menunggu untuk ditemukan. Sangat menyedihkan untuk berpikir bahwa beberapa spesies akan punah bahkan sebelum kita menyadari keberadaan mereka."

Baca Juga: Lebah Bertopeng Langka Ditemukan Kembali Setelah Hilang Hampir Seabad