Kehidupan Perawan Vestal Romawi Kuno, Jika Lakukan Salah Dihukum Mati

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 7 Februari 2022 | 08:00 WIB
Perawan Vestal merawat api suci. (Public domain)

Nationalgeographic.co.id—Satu perguruan tinggi agama Romawi yang terlarang bagi pria adalah College of the Vestals, yang dikenal sebagai Perawan Vestal (Vestal Virgin). College of the Vestals adalah institusi penting yang berfungsi untuk memastikan kesejahteraan dan keamanan Roma.

Menurut penulis Romawi Plutarch, College of the Vestals didirikan oleh raja legendaris kedua Roma, Numa Pompilius. Selama pemerintahan Numa, hanya ada dua Perawan Vestal, dan Plutarch menamai dua Perawan Vestal pertama sebagai Gegania dan Verenia, yang kemudian digantikan oleh Canuleia dan Tarpeia.

Plutarch memberikan saran mengapa Numa mungkin telah memerintahkan para pendeta menjaga keperawanan mereka sambil mengawasi api suci, ia menulis bahwa Numa mungkin telah menganggap sifat api sebagai murni dan tidak rusak dan mempercayakannya ke tubuh yang tidak tercemar.

Bagaimana Rasanya Hidup sebagai Perawan Perawan?

Perawan Vestal dipilih dari keluarga bangsawan pada usia muda, biasanya antara enam dan 10 tahun. Selama 10 tahun pertama, gadis-gadis itu akan melayani sebagai pemula. Setelah itu, mereka akan sepenuhnya diakui sebagai Perawan Vestal selama 10 tahun ke depan.

Selama 10 tahun terakhir pelayanan, mereka akan melayani sebagai supervisor yang bertanggung jawab atas pelatihan para novis baru. Setelah 30 tahun pelayanan, Perawan Vestal akan dibebaskan dari tugas mereka dan diizinkan untuk menjalani kehidupan pribadi.

Mereka diizinkan untuk menikah. Bagi pria yang menikahi seorang mantan Perawan Vestal dianggap sebagai hak istimewa. Namun dari sudut pandang Perawan Vesta, pernikahan dianggap kurang beruntung, karena mereka telah ditahbiskan kepada dewi Vesta untuk sebagian besar hidup mereka, dan banyak yang memilih untuk terus menjalani kehidupan lajang.

Kewajiban dan Hak Istimewa untuk Pendeta Vesta

Pengorbanan untuk dewi Vesta oleh Sebastiano Ricci. (Public domain)

Selain merawat api suci, Perawan Vestal bertanggung jawab atas persiapan salsa mola ('tepung asin'), yang digunakan dalam semua pengorbanan negara. Perawan Vestal juga menjadi penjaga wasiat dan mengambil bagian dalam berbagai upacara. Pada bulan Juni, festival Vestalia dirayakan dan tempat suci bagian dalam dari kuil melingkar ke Vesta di Forum Romanum akan dibuka untuk wanita biasa untuk membawa persembahan. Area ini biasanya hanya dapat diakses oleh Perawan Vestal dan Pontifex Maximus. Di akhir festival, kuil dibersihkan secara ritual.

Akhir dari College of Vestals

Namun, ketika Roma mengalami kemalangan, Perawan Vestal disalahkan, dan beberapa orang menganggap mereka sebagai kambing hitam atas masalah yang dihadapi Roma. Misalnya, ketika Roma menghadapi kekalahan militer, Perawan Vestal disalahkan karena gagal untuk mempertahankan api suci, atau hilangnya keperawanannya.