Hampir 1.000 Untaian Misterius Terungkap di Pusat Bima Sakti

By Ricky Jenihansen, Selasa, 8 Februari 2022 | 16:00 WIB
Gambar MeerKAT baru dari wilayah pusat galaksi ditampilkan dengan bidang galaksi berjalan horizontal melintasi gambar. (Ian Heywood/SARAO)

Nationalgeographic.co.id—Gambar teleskop baru mengungkapkan adanya 1.000 untaian misterius, menggantung secara misterius di luar angkasa. Temuan tersebut belum pernah terjadi sebelumnya dari pusat turbulen galaksi Bima Sakti.

Pada tahun 1980-an, Farhad Yusef-Zadeh dari Northwestern University menemukan filamen magnetik yang sangat terorganisir. Filamen yang membingungkan, ia temukan, terdiri dari elektron sinar kosmik yang berputar di medan magnet mendekati kecepatan cahaya. Tapi asal usul mereka tetap menjadi misteri yang belum terpecahkan sejak saat itu.

Filamen tersebut membentang hingga 150 tahun cahaya. Untaian satu dimensi (atau filamen) ditemukan berpasangan dan berkelompok, sering ditumpuk dengan jarak yang sama, berdampingan seperti senar pada harpa.

Sekarang, pengamatan baru telah mengungkapkan adanya filamen 10 kali lebih banyak daripada yang ditemukan sebelumnya. Hal itu memungkinkan Yusef-Zadeh dan timnya untuk melakukan studi statistik di seluruh populasi filamen yang luas untuk pertama kalinya.

Informasi ini berpotensi membantu mereka akhirnya mengungkap misteri lama. Rincian studi tersebut dipublikasikan di The Astrophysical Journal Letters belum lama ini dengan judul "Statistical Properties of the Population of the Galactic Center Filaments: the Spectral Index and Equipartition Magnetic Field".

Yusef-Zadeh, penulis utama makalah tersebut mengatakan telah mempelajari masing-masing filamen tersebut untuk waktu yang lama dengan pencitraan yang tidak begitu baik. Yusef-Zadeh adalah profesor fisika dan astronomi Northwestern’s Weinberg College of Arts and Sciences.

"Sekarang, kita akhirnya melihat gambaran besarnya — pemandangan panorama yang dipenuhi dengan filamen yang berlimpah. Hanya memeriksa beberapa filamen membuat sulit untuk menarik kesimpulan nyata tentang apa itu dan dari mana asalnya. Ini adalah titik balik dalam memajukan pemahaman kita tentang struktur ini," kata Zadeh seperti dilansir space.com.

Citra diyakini para ilmuwan mungkin merupakan pulsar yang dikeluarkan oleh peristiwa supernova. (Ian Heywood/SARAO)

Untuk mendapatkan gambar dengan kejelasan dan detail yang belum pernah terjadi sebelumnya, para astronom menghabiskan tiga tahun untuk mengamati langit dan menganalisis data di South African Radio Astronomy Observatory (SARAO). Dengan pengamatan selama 200 jam menggunakan teleskop MeerKAT SARAO, para peneliti mengumpulkan 20 mosaik pengamatan terpisah dari bagian langit yang berbeda menuju pusat galaksi Bima Sakti, 25.000 tahun cahaya dari Bumi.

Gambar lengkapnya akan diterbitkan dalam makalah tambahan yang menyertai, dipimpin oleh astrofisikawan Universitas Oxford Ian Heywood dan ditulis bersama oleh Yusef-Zadeh dalam edisi mendatang The Astrophysical Journal. Seiring dengan filamen, gambar menangkap emisi radio dari berbagai fenomena, termasuk ledakan bintang, pembibitan bintang dan sisa-sisa supernova baru.

Baca Juga: Lubang Hitam Besar yang Aneh Ditemukan di Galaksi Satelit Bimasakti

"Saya telah menghabiskan banyak waktu untuk melihat gambar ini dalam proses pengerjaannya, dan saya tidak pernah bosan," kata Heywood.