Membela Diri dari Serangan, Kambing Gunung Bunuh Beruang Grizzly

By Utomo Priyambodo, Senin, 7 Februari 2022 | 12:00 WIB
Kambing gunung di Kanada. (Parks Canada)

Nationalgeographic.co.id—Demi mempertahankan hidupnya, seekor kambing gunung nekat melawan seekor beruang grizzly betina. Semula, si kambing gunung diserang oleh beruang grizzly tersebut.

Beruntung, kambing gunung itu berani dan sempat smelawan. Akhirnya, dengan menggunakan tanduknya, si kambing gunuung berhasil menusuk dan membunuh predator berbulu itu.

Hasil analisis dari Parks Canada menyimpulkan bahwa beruang itu mati karena tusukan tanduk tajam kambing gunung.

Bangkai beruang grizzly betina (Ursus arctos horribilis) seberat 70 kilogram itu pertama kali ditemukan oleh para pendaki tidak jauh dari rute pendakian yang populer pada 4 September lalu. Pihak penjaga taman nasional dengan cepat mengangkut bangkai itu dari jalan setapak untuk memastikan bahwa bangkai itu tidak menarik perhatian para predator tambahan dan menempatkan para pendaki dalam bahaya.

Para pejabat awalnya tidak yakin apa yang membunuh beruang grizzly tersebut. Beruang itu tampaknya telah ditikam oleh sesuatu di sekitar leher dan ketiaknya.

Sebuah nekropsi atau autopsi hewan kemudian dilakukan pada sisa-sisa bangkai beruang tersebut. Hasil nekropsi ini mengungkapkan sosok pelaku yang mengejutkan.

"Nekropsi forensik kemudian mengkonfirmasi bahwa luka-luka yang terjadi sebelum kematian konsisten dengan ukuran dan bentuk tanduk kambing gunung," ujar David Laskin, ahli ekologi satwa liar di Parks Canada, seperti diwartakan outlet berita lokal Rocky Mountain Outlook.

Lokasi luka-luka di leher dan ketiak grizzly menunjukkan bahwa kambing gunung itu mampu menusuk beruang dengan tanduknya saat diserang beruang tersebut.

Baca Juga: Kisah Nyata Cangkok Testis Kambing ke Manusia, Berakhir Mengenaskan

"Ketika beruang-beruang grizzly menyerang, mereka cenderung fokus pada kepala, leher belakang, dan bahu mangsa, dan biasanya dari atas — jadi, pada gilirannya, respons pertahanan kambing gunung adalah melindungi dirinya sendiri menggunakan tanduk yang tajam," papar Laskin seperti dilansir Live Science.

"Saya kira si kambing gunung berhasil dalam hal ini dan membalikkan keadaan dalam melawan grizzly tersebut."

Meski sangat jarang seekor kambing gunung (Oreamnos americanus) bisa bertahan hidup dari serangan beruang, apalagi membunuh beruang, hal itu bukannya tidak pernah terdengar.