Wanita Cenderung Lebih Unggul dalam Kasih Sayang dan Refleksi Diri

By Ricky Jenihansen, Minggu, 13 Februari 2022 | 15:00 WIB
Wanita mendapat skor lebih tinggi pada item yang berhubungan dengan kasih sayang dan refleksi diri. (Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Penelitian baru dari University of California San Diego School of Medicine menunjukkan bahwa perbedaan gender relatif terhadap kebijaksanaan. Secara umum, wanita mendapat skor lebih tinggi pada item yang berhubungan dengan kasih sayang dan refleksi diri sementara pria mencetak skor lebih tinggi pada item yang berhubungan dengan kognitif dan regulasi emosional.

Pada penelitian ini, para peneliti menggunakan dua skala tervalidasi yang berbeda. Studi tersebut, telah diterbitkan dalam Frontiers in Psychology baru-baru ini dengan judul "Women and Men Differ in Relative Strengths in Wisdom Profiles: A Study of 659 Adults Across the Lifespan".

Seperti diketahui, bahwa kebijaksanaan adalah sifat kepribadian yang menopang kesehatan mental dan kesejahteraan. Dan pada penelitian ini, para peneliti menilai perbedaan gender dalam kebijaksanaan dan konstruksi terkait, termasuk depresi, kesepian, kesejahteraan, optimisme, dan ketahanan.

Enam ratus lima puluh sembilan peserta berbasis komunitas, usia 27 hingga 103, berpartisipasi dalam penelitian ini. Mereka diminta untuk menyelesaikan Skala Kebijaksanaan San Diego (SD-WISE) dan Skala Kebijaksanaan 3-Dimensi (3D-WS).

SD-WISE mencakup 24 item yang terkait dengan enam komponen kebijaksanaan yang ditentukan, yaitu perilaku pro-sosial (empati dan kasih sayang), regulasi emosional, refleksi diri, penerimaan ketidakpastian dan keragaman perspektif, ketegasan dan nasihat sosial. 3D-WS berisi 39 item yang mencakup tiga dimensi kebijaksanaan, yaitu kognitif, afektif atau welas asih, dan reflektif.

Baca Juga: Isolasi Sosial & Kesepian Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung?

Para peneliti menemukan bahwa, secara umum, wanita mendapat skor lebih tinggi pada item yang berhubungan dengan kasih sayang dan refleksi diri. Sementara pria mencetak skor lebih tinggi pada item yang berhubungan dengan kognitif dan regulasi emosional.

Secara umum, skor total 3-D-WS lebih tinggi pada wanita daripada pria, tetapi tidak ada perbedaan gender dalam skor total pada SD-WISE. Baik pada wanita maupun pria, kebijaksanaan dikaitkan dengan kesejahteraan mental yang lebih besar, optimisme, dan ketahanan serta tingkat depresi dan kesepian yang lebih rendah.

Penulis senior Dilip V. Jeste, pada penelitian ini, mereka ingin mendapatkan informasi tentang perbedaan potensial dalam kebijaksanaan antara pria dan wanita yang dapat memengaruhi kesejahteraan. Jeste adalah dekan senior di Center of Healthy Aging and Distinguished Professor of Psychiatry and Neurosciences di UC San Diego School of Medicine.

Kebijaksanaan dikaitkan dengan kesejahteraan mental (iStock)

"Kami menemukan perempuan dan laki-laki memiliki kekuatan relatif yang berbeda dalam kebijaksanaan, kemungkinan didorong oleh faktor sosiokultural dan biologis," kata Jeste dalam UC San Diego News Center.

Sementara itu, Emily Treichler, PhD penulis pertama studi dan asisten profesor di Departemen Psikiatri di UC San Diego mengatakan, bahwa temuan terbaru mereka hanyalah sebagian dari keseluruhan teka-teki.