Inovasi Teknologi: Lensa Kontak yang Mampu Memancarkan Laser

By Citra Anastasia, Kamis, 3 Mei 2018 | 10:57 WIB
Ilustrasi lensa kontak digital. (Editor)

Penulis: Resa Eka Ayu Sartika/Kompas.com

Apa jadinya jika mata manusia bisa memancarkan laser? Inilah yang sedang dikembangkan oleh para ilmuwan.

Mereka menciptakan sebuah film ultra tipis yang fleksibel dan dapat memancarkan sinar laser. Para ilmuwan juga telah berhasil mengujinya pada lensa kontak.

Ini memungkinkan kita membuat laser mata.

Baca juga : Peneliti Kembangkan Lensa Kontak Pintar yang Bisa Memonitor Kadar Gula Darah

Namun, jangan membayangkan laser mata ini seperti milik Superman yang bisa menyebabkan kerusakan. Sebaliknya, teknologi ini berpotensi digunakan untuk label keamanan atau membaca barcode.

Untuk membuat laser mata ini, para peneliti menggunakan membran yang mengandung material yang tebalnya kurang dari seperseribu milimeter dan fleksibel.

Bahan ini memungkinkan mereka mudah menempel atau dimasukkan lensa kontak. Membran ini kemudian ditempatkan pada permukaan lain.

Ketika diterangi oleh laser lain, membran ini akan memancarkan sinar lasernya sendiri dengan panjang gelombang 420 hingga 700 nm. Sinar laser ini bertenaga sangat rendah, hanya berskala nanowatt saja.

Baca juga: Ilmuwan Temukan Teknik untuk Memisahkan Dua Cairan Menggunakan Laser

Dengan kata lain, ini berkekuatan sepersejuta watt dan tidak cukup kuat untuk menyalakan lampu kecil. Meski begitu, laser ini cukup untuk menjadi pemindai untuk keamanan.

"Akan sangat sulit bagi orang untuk membuat laser yang memiliki panjang gelombang yang sama," ungkap Malte Gather, fisikawan dari University of St Andrews, Inggris dikutip dari kompas.com.