Sains Terbaru: Geologi Pantai Oman Ungkap Pemahaman Baru Subduksi

By Wawan Setiawan, Senin, 14 Februari 2022 | 14:00 WIB
Mineral terlihat dalam sampel batuan dari pantai Oman. Para ilmuwan mengatakan batuan ini dapat mengungkapkan informasi baru tentang subduksi, proses tektonik penting di Bumi. (Joshua Garber, Penn State)

Nationalgeographic.co.id—Menurut tim ilmuwan internasional, batuan kuno yang ada di pantai Oman pernah terdorong jauh ke dalam mantel bumi. Peristiwa ini mengungkap wawasan baru tentang subduksi, proses tektonik penting yang memicu gunung berapi dan menciptakan benua.

"Dalam arti luas, pekerjaan ini memberi kita pemahaman yang lebih baik tentang mengapa beberapa zona subduksi gagal sementara yang lain ditetapkan sebagai sistem kondisi mapan jangka panjang," kata Joshua Garber, asisten profesor riset geosains di Penn State, yang melakukan studi terbarunya belum lama ini.

Subduksi terjadi ketika dua lempeng tektonik bertabrakan, dan yang satu dipaksa di bawah yang lain. Di mana lempeng samudera dan benua bertemu, lempeng samudera yang lebih padat biasanya menunjam dan turun ke mantel, kata para ilmuwan.

Terkadang juga, lempeng samudera bergerak ke atas, atau disebut obduksi, memaksa lempeng benua turun menuju mantel. Tapi daya apung kerak benua dapat menyebabkan subduksi gagal, membawa material kembali ke permukaan bersama dengan lempengan kerak samudera dan mantel atas yang disebut ofiolit.

“Semail Ofiolite di Jazirah Arab adalah salah satu contoh terbesar dan terekspos terbaik di permukaan Bumi,” kata Garber, seperti yang dilaporkan Tech Explorist. "Ini adalah salah satu yang paling baik dipelajari, tetapi ada ketidaksepakatan tentang bagaimana dan kapan subduksi terjadi." tambahnya.

Geologi Oman menunjukkan Semail Ofiolite dalam warna pink. (Sayyadul Arafin, Ram NandanS Singh)

Tim, yang dipimpin oleh ilmuwan Penn State, menyelidiki waktu subduksi ini menggunakan batuan terdekat dari formasi Saih Hatat di Oman, yang disubduksi di bawah Semail Ofiolite, menurut para peneliti.

Panas dan tekanan dari proses tersebut menciptakan kristal garnet, zirkon, dan rutil dalam rangkaian utama batuan bermetamorfosis tinggi yang mengalami kondisi paling ekstrem selama subduksi. Dengan menggunakan teknik penanggalan mutakhir, termasuk mengukur tanggal isotop dan elemen jejak, para ilmuwan menentukan semua mineral ini terbentuk pada waktu yang kira-kira sama 81 hingga 77 juta tahun yang lalu.

“Yang menarik dari ini adalah bahwa mereka semua diberi tanggal dengan metode yang sedikit berbeda, tetapi mereka semua memberi kami hasil yang pada dasarnya sama. Ini memberitahu kita bahwa semua mineral di bebatuan memiliki cerita yang koheren. Mereka semua merekam episode metamorfosis yang sama pada waktu yang sama.” tutur Garber.

Temuan tersebut, yang diterbitkan dalam Journal of Geophysical Research: Solid Earth pada 11 November 2021 berjudul Dating Continental Subduction Beneath the Samail Ophiolite: Garnet, Zircon, and Rutile Petrochronology of the As Sifah Eclogites, NE Oman, membantah hasil sebelumnya yang memperkirakan peristiwa itu dimulai 110 juta tahun lalu dan terjadi dalam fase terpisah, kata para ilmuwan.

Pemandangan sisi barat daya antiform Saih Hatat di Wadi Tayin, menghadap ke timur laut. (Omar Saddiqi)

“Temuan kami menunjukkan bahwa bahan kontinental ini tidak tersubduksi jauh ke dalam mantel jauh sebelum ofiolit terbentuk seperti yang diperkirakan sebelumnya,” kata Garber. “Data kami mendukung urutan kejadian yang bagus yang terjadi di jendela yang lebih ketat dan itu lebih masuk akal secara geologis.” ujarnya.