Mpu Sindok yang Memindahkan dan Mengubah Nasib Rakyat Mataram

By Galih Pranata, Selasa, 22 Februari 2022 | 08:00 WIB
Sebuah litograf reruntuhan Candi Sewu dekat Prambanan, sekitar 1859. Faktor utama yang melandasi keputusan Mpu Sindok memindahkan kekuasaannya ke Jawa Timur, diduga disebabkan oleh faktor ekonomi kerajaan. (British Library)

Nationalgeographic.co.id—Bhumi Mataram, sebuah pusat administrasi yang cukup megah bagi kerajaan Mataram bercorak Hindu. Hidup di zaman kuno, sekitar abad ke-8, Mataram berkuasa di Jawa Tengah. Di sekitar Kedu dan Prambanan.

Sanjaya yang dalam Canggal berangka tahun 729 M, digambarkan memprakarsai pendirian Mataram. membawa pengaruh Hindu, berdiri sebuah mahakarya, Candi Prambanan yang eksotik dan fenomenal. Bercorak langgam kepercayaan Hindu.

Saat tahta kerajaan dipegang oleh Mpu Sindok, Mataram mengalami perubahan yang signifikan. Ia melakukan pemindahan kekuasaan dari Jawa Tengah menuju ke Jawa Timur. Lantas, mengapa Mpu Sindok melakukan pemindahan itu?

Dalam sebuah jurnal yang ditulis oleh Dwi Lukitawati, dalam jurnal LPPM STKIP PGRI Sidoarjo, yang publish pada tahun 2013. Jurnalnya berjudul Perpindahan Kerajaan Mataram Hindu Jawa Tengah ke Jawa Timur Abad X Ditinjau dari Aspek Ekonomi.

Ia menyebutkan bahwa faktor utama yang melandasi keputusan Mpu Sindok memindahkan kekuasaannya ke Jawa Timur, disebabkan oleh faktor ekonomi kerajaan.

"Keadaan wilayah Jawa Timur berbeda dengan Jawa Tengah, di Jawa Timur ada dua sungai besar yang mengalir ke laut, yaitu Bengawan Solo dan Sungai Brantas," jelas Dwi Lukitawati.

Menurut Dwi, pada abad ke-10, sungai-sungai itu dengan mudah dilayari oleh kapal-kapal besar hingga sampai wilayah pedalaman Mojokerto, sedangkan perahu-perahu kecil dapat berlayar lebih jauh lagi ke wilayah pedalaman sampai di Kediri.

Keberadaan sungai-sungai besar di Jawa Timur yang dapat dilayari oleh perahu-perahu besar sampai jauh di dareah pedalaman, menjadikan wilayah Jawa Timur lebih menguntungkan untuk aktivitas perdagangan.

Melihat peluang dalam berbisnis, agaknya mendorong hasrat Mpu Sindok untuk menggairahkan kembali perekonomian Mataram yang melemah akibat perang dan bencana alam.

Prasasti Kamalagyan yang berangka tahun 1037 M, menyebutkan adanya pelabuhan Hujung Galuh yang banyak didatangi oleh para pedagang dari banyak pulau-pulau di wilayah Nusantara.

"Para penguasa Mataram Hindu Jawa Tengah melihat bahwa pelabuhannya di Bergota dari tahun ke tahun semakin dangkal dan sempit akibat abrasi pantai," lanjutnya.

Sungai Brantas yang menjadi lalu lintas perdagangan sejak zaman Medang berkuasa di Jawa Timur. (KITLV)