Indonesia Dinobatkan Jadi Negara Terindah di Dunia oleh Situs Inggris

By Utomo Priyambodo, Jumat, 18 Februari 2022 | 13:00 WIB
Indonesia dinobatkan sebagai negara terindah di dunia. (Money.co.uk)

Nationalgeographic.co.id—Indonesia dinobatkan sebagai negara terindah di dunia berdasarkan analisis yang dilakukan oleh situs Inggris, Money.co.uk. Laporan bertajuk Natural Beauty Report ini baru saja mereka rilis pada 7 Februari 2022.

Dalam uraian di situs tersebut, masing-masing negara dianalisis berdasarkan tujuh faktor, yaitu keberadaan gunung berapi, pegununganterumbu karang, kawasan lindung, garis pantai, hutan hujan, dan gletser.

Setiap faktor dihitung per 100.000 kilometer persegi menggunakan angka luas lahan yang bersumber dari Bank Dunia. Informasi tersebut kemudian diberi skor normal 10 untuk setiap faktor sebelum skor rata-rata di ketujuh faktor diambil, sebagaimana disarikan ulang oleh Indonesia Expat.

Laporan Natural Beauty Report (Money.co.uk)

Tiga Negara Terindah di Dunia

Inonesia menempati posisi teratas sebagai negara terindah di dunia dengan skor 7,77/10. Indonesia adalah negara terindah di dunia karena memiliki lebih dari 17.000 pulau, yang berarti memiliki garis pantai lebih dari 50.000 kilometer.

"Di lepas pantai pulau-pulau ini, ada terumbu karang yang penuh dengan kehidupan, yang sebagian besar dapat dijelajahi, termasuk Bali sebagai tujuan wisata populer," tulis para penulis laporan dari Money.co.uk tersebut.

Indonesia juga menjadi negara destinasi yang menawarkan keindahan alam seperti hutan tropis di Sumatra dan Kalimantan, termasuk cagar alam orangutan. Sejumlah Situs Warisan Dunia UNESCO seperti Taman Nasional Komodo juga menjadi sorotan.

Di poisi kedua ada negara Selandia Baru dengan skor 7,27/10. Para penulis laporan menekankan bahwa Selandia Baru adalah rumah bagi perbukitan, puncak gunung yang tajam termasuk Pegunungan Alpen Selatan, dan sejumlah gunung berapi aktif.

Selandia Baru juga memiliki jumlah gletser yang tinggi, dengan lebih dari 5.000 per 100.000 kilometer persegi dan garis pantai yang panjangnya lebih dari 15.000 kilometer persegi.

"Dengan bentang alam yang begitu beragam, ribuan orang berduyun-duyun ke Selandia Baru untuk merasakan sendiri keajaiban alamnya. Bahkan, banyak film dan acara TV memilihnya sebagai lokasi syuting untuk mendapatkan lokasi fantastis seperti The Lord of the Rings," kata para penulis.

Negara paling indah ketiga di dunia adalah Kolombia dengan skor 7,16/10. Sama seperti Indonesia dan Selandia Baru, Kolombia memiliki garis pantai yang panjang, terutama di sepanjang pantai Karibia.