Agama Apa yang Dianut Zaman Romawi Kuno? Begini Penjelasannya

By Hanny Nur Fadhilah, Jumat, 4 Maret 2022 | 09:00 WIB
Agama sangat penting di Roma kuno. (Ancient Pages)

Nationalgeographic.co.id—Di Roma kuno, agama membentuk bagian integral dan vital dari kehidupan sehari-hari. Orang-orang yakin bahwa dewa-dewa mengendalikan segala sesuatu yang terjadi pada individu dan bangsa secara keseluruhan.

Dengan agama yang melingkupi setiap aspek kehidupan sehari-hari di Roma kuno, ada kebutuhan bagi mereka yang bertanggung jawab atas ramalan dewa, deklarasi festival keagamaan, organisasi ritual dan upacara, dan segala hal lain yang penting agama. Di Roma kuno, ada berbagai jenis imam yang ditugaskan berbagai tugas penting untuk kehidupan keagamaan bangsa.

Rex Sacorum – Pendeta Yang Awalnya Raja Hal-Hal Suci

Rex Sacrorum (raja hal-hal suci) dipilih seumur hidup oleh Pontifex Maximus dari daftar ningrat (sekelompok keluarga kelas penguasa di Roma kuno) yang diajukan oleh Collegium Pontificum. Untuk menjadi Rex Sacorum harus lahir dari orang tua yang menikah melalui ritual konfarreasi (bentuk pernikahan tradisional patrician), yang juga merupakan bentuk pernikahan yang harus dia jalani sendiri.

Rex Sacorum adalah seorang imam yang tujuan awalnya adalah untuk menggantikan peran keagamaan yang sebelumnya dipegang oleh raja-raja Roma. Selama Republik Romawi, tanggung jawab Rex Sacorum berubah dan begitu pula kekuasaannya.

Untuk membatasi kekuasaan Rex Sacorum, dia tidak lagi diizinkan memegang jabatan publik dan dia dilarang duduk di senat. Sebaliknya, tanggung jawabnya termasuk deklarasi banyak festival keagamaan di kalender.

Quindecimviri – Imam yang Menjaga Buku Sibylline

Buku Sibylline itu suci. (Ancient Pages)

Para pendeta Quindecemviri ditugasi dengan tugas penting menjaga Buku Sibylline yang berisi ramalan tentang nasib Kekaisaran Romawi. Gulungan suci ini dikonsultasikan dan ditafsirkan atas permintaan Senat setiap kali ada kebutuhan untuk membuat keputusan penting. Quindecimviri juga bertanggung jawab untuk menggabungkan dewa-dewa asing yang diadopsi oleh Roma.

Pontiffs - Pendeta Berperingkat Tertinggi di Agama Negara

Diawasi oleh Pontifex Maximus, posisi yang kemudian menjadi posisi Paus, kelompok ini melaksanakan ritual dan upacara publik yang terlibat setiap hari. Paus adalah pengawas umum ritus publik. Yang paling terkenal dari empat perguruan tinggi imam utama, mereka juga mengangkat anggota ke imamat lainnya.

Augurs – Pendeta yang Menafsirkan Kehendak Para Dewa