Inilah Gambar Pertama yang Disajikan Teleskop Luar Angkasa James Webb

By Wawan Setiawan, Sabtu, 26 Februari 2022 | 08:00 WIB
Gambar pertama yang diterbitkan ini diambil oleh Teleskop Luar Angkasa James pada 2 Februari 2022, di awal proses penyelarasan 18 segmen cermin Teleskop Luar Angkasa James Webb. (NASA)

Nationalgeographic.co.id - Saat ini, yang dinantikan oleh banyak orang terutama bagi mereka yang menyukai seluk beluk luar angkasa adalah salah satunya gambar pertama yang berhasil ditangkap oleh teleskop terkenal yang belum lama ini diluncurkan, Teleskop Luar Angkasa James Webb.

Teleskop Luar Angkasa James Webb diluncurkan tahun lalu bertepatan dengan perayaan Hari Natal. Ia saat ini parkir di orbit titik Langrange kedua (L2) pada ketinggian 1,5 juta kilometer jauhnya dari Bumi.

Gambar pertama yang diterbitkan yang diambil oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb menunjukkan bagian dari mosaik yang dibuat selama 25 jam dimulai pada 2 Februari 2022, di awal proses penyelarasan 18 segmen cermin Teleskop Luar Angkasa James Webb.

Selama sebagian besar waktu yang tersisa, para ilmuwan berfokus pada membangun dan menyesuaikan instrumen observatorium dan membuat penyesuaian menit ke-18 segmen cermin emas teleskop yang diperlukan untuk gambar yang tajam dan jelas dari alam semesta yang dalam.

Baca Juga: Peluncuran Teleskop Luar Angkasa James Webb Diundur, Ada Apa?

Prosesnya berjalan dengan baik, menurut NASA.

"Pencarian awal ini mencakup area seukuran bulan purnama karena titik-titik segmen berpotensi menyebar di langit," kata Marshall Perrin, wakil ilmuwan teleskop untuk Webb dan astronom di Space Telescope Science Institute. dalam pernyataan yang sama. "Mengambil begitu banyak data tepat pada hari pertama mengharuskan semua operasi sains Webb dan sistem pemrosesan data di Bumi ini bekerja dengan lancar menggunakan observatorium di luar angkasa sejak awal. Dan kami menemukan cahaya dari 18 segmen sangat dekat dengan pusat sejak awal! Ini adalah titik awal yang bagus untuk penyelarasan cermin," imbuhnya.

Namun, perjalanan teleskop masih panjang, seperti yang ditunjukkan gambar HD 84406 ini.

Pandangan beranotasi dari gambar pertama Teleskop Luar Angkasa James Webb menandai segmen cermin mana yang menangkap pandangan bintang HD 84406. (NASA)

"Gambar pertama akan jelek," kata Jane Rigby, ilmuwan proyek operasi Webb, selama konferensi pers yang diadakan pada 8 Januari saat teleskop memulai proses membuka cerminnya. "Ini akan menjadi buram. Kami akan memiliki 18 gambar kecil ini di seluruh langit."

Visual berasal dari upaya 25 jam yang mengarahkan Teleskop Luar Angkasa James Webb ke 156 posisi berbeda dan menghasilkan 1.560 gambar dengan sensor NIRCam. Kemudian, tim membuat mosaik menggunakan tanda setiap segmen cermin dalam satu bingkai. Artefak visual berasal dari penggunaan kamera inframerah pada suhu jauh di atas kondisi dingin yang dibutuhkan teleskop untuk pengamatan ilmiah. Dan apa yang Anda lihat di sini bukanlah keseluruhan mosaik, foto resolusi penuh lebih dari dua gigapiksel.

Dan foto tersebut menunjukkan beberapa tampilan HD 84406, yaitu bintang yang baru-baru ini diumumkan oleh para ilmuwan James Webb Space Telescope (JWST) yang mereka pilih untuk dilihat terlebih dahulu. "Cahaya bintang, bintang terang ... bintang pertama yang akan dilihat Webb adalah HD 84406, bintang mirip matahari yang berjarak sekitar 260 tahun cahaya," tulis pejabat NASA di Twitter pada 28 Januari.