Mengurai Kisah Dari Tenunan Celana Tertua yang Pernah Ditemukan

By Agnes Angelros Nevio, Rabu, 23 Februari 2022 | 08:00 WIB
Sepasang celana berusia sekitar 3.000 tahun ini, yang tertua yang pernah ditemukan, menampilkan teknik menenun dan pola dekoratif yang dipengaruhi oleh budaya di seluruh Asia, kata para peneliti. Tidak kalah dari jenama mahal zaman kini, celana yang berusia lebih dari 3.000 tahun ini memiliki desain nan rancak dan fungsional. (M. WAGNER ET AL/ARCHAEOLOGICAL RESEARCH IN ASIA 2022)

Nationalgeographic.co.id—Hujan kecil yang turun di gurun berkerikil yang terletak di Cekungan Tarim, Tiongkok barat, menguap saat menyentuh tanah yang terik. Di sini, di gurun yang kering ini, terletak sisa-sisa kuno orang-orang yang membuat salah satu cipratan mode terbesar sepanjang masa.

Para penggembala dan penunggang kuda yang menguburkan mayat mereka di kuburan Yanghai di Cekungan Tarim memelopori pembuatan celana antara sekitar 3.200 dan 3.000 tahun yang lalu. Kombinasi cekatan teknik menenun dan pola dekoratif mereka—menampilkan pengaruh dari masyarakat di seluruh Eurasia—menghasilkan sepasang celana panjang bergaya namun tahan lama yang sekarang diakui sebagai pakaian tertua yang dikenal di dunia.

Sekarang, tim arkeolog internasional, perancang busana, ahli geologi, ahli kimia, dan konservator telah menguraikan bagaimana celana itu dibuat dan dengan susah payah menciptakan replika modern. Celana panjang vintage menenun kisah tidak hanya tentang inovasi tekstil tetapi juga tentang bagaimana praktik budaya menyebar di seluruh Asia, para peneliti melaporkan.

“Keragaman teknik dan pola tekstil dari asal, tradisi, dan waktu lokal yang berbeda menyatu menjadi sesuatu yang baru dalam pakaian ini,” kata arkeolog dan direktur proyek Mayke Wagner dari German Archaeological Institute di Berlin. “Asia Tengah Timur adalah laboratorium tempat orang, tumbuhan, hewan, pengetahuan, dan pengalaman dari berbagai arah dan sumber datang dan diubah.”

Ikon Mode

Seorang pria menarik perhatian para ilmuwan tanpa mengucapkan sepatah kata pun. Tubuh mumi alaminya, serta lebih dari 500 mayat yang diawetkan, ditemukan selama penggalian yang dilakukan oleh para arkeolog Tiongkok sejak awal 1970-an di pemakaman Yanghai.

Dia memakai pakaian yang terdiri dari celana panjang, ponco berikat di pinggang, sepasang pita dikepang untuk mengikat kaki celana di bawah lutut, sepasang lagi untuk mengikat sepatu bot kulit lembut di pergelangan kaki dan ikat kepala wol dengan empat cakram perunggu dan dua kerang dijahit di atasnya. Kekang kulit, mata kuda kayu, dan kapak perang yang ditempatkan di kuburannya menunjukkan bahwa dia adalah seorang prajurit berkuda.

Para peneliti sekarang memanggilnya Turfan Man karena situs Yanghai terletak sekitar 43 kilometer tenggara kota Turfan di Cina.

Baca Juga: Celana dan Sepatu Bot, Simbol Barbarisme di Zaman Romawi Kuno

Baca Juga: Arkeolog Temukan Bra Berumur 600 Tahun, Ternyata Mirip Versi Modern

Dari semua pakaian Turfan Man, celana panjangnya terlihat sangat istimewa. Tidak hanya mereka lebih tua setidaknya beberapa abad daripada contoh lain dari peralatan tersebut, tetapi celana Yanghai juga memiliki tampilan modern yang canggih. Celana ini memiliki dua potongan kaki yang secara bertahap melebar di bagian atas, dihubungkan oleh potongan selangkangan yang melebar dan tandan di tengah untuk meningkatkan mobilitas kaki.

Dalam beberapa ratus tahun, kelompok pergerakan di seluruh Eurasia mulai mengenakan celana seperti yang ada di Yanghai, menurut temuan arkeologis lainnya. Tenunan penutup kaki yang dihubungkan oleh potongan selangkangan yang fleksibel mengurangi ketegangan menunggang kuda tanpa pelana jarak jauh. Tidak mengherankan, pasukan berkuda memulai debutnya sekitar waktu itu.