Pengobatan Kanker Ini Efektif Namun Memiliki Beberapa Misteri

By Agnes Angelros Nevio, Jumat, 25 Februari 2022 | 14:00 WIB
Dua sel T (merah) menyerang sel kanker skuamosa mulut (putih)—pertarungan yang merupakan bagian dari respons imun alami. ()

Nationalgeographic.co.id—Pada 2010, tiga pasien menerima bentuk eksperimental imunoterapi untuk leukemia melalui uji klinis di University of Pennsylvania. Dua pasien mengalami remisi total—dan tetap seperti itu.

Perawatan, yang dikenal sebagai terapi sel T CAR, sekarang disetujui FDA untuk mengobati kanker darah tertentu. Ini melibatkan rekayasa sel darah putih pasien sendiri untuk menyerang sel kanker dan kemudian mengembalikannya ke tubuh. Sejak uji klinis dan persetujuan FDA, terapi sel T CAR telah digunakan untuk mengobati dan membersihkan kanker tertentu. Namun, terapi sel T CAR tidak menghasilkan remisi yang bertahan lama untuk setiap pasien, dan dapat menyebabkan efek samping yang serius. Sebuah laporan baru menawarkan petunjuk tentang mengapa pengobatan kadang-kadang sangat efektif.

Dua pasien yang merespon dengan baik terhadap terapi sel T CAR pada tahun 2010 tetap bebas penyakit selama lebih dari satu dekade. Salah satu pria, seorang warga California bernama Doug Olson, sekarang berusia 75 tahun. Yang lainnya, William Ludwig, meninggal awal tahun lalu karena COVID-19. Para peneliti mampu mendeteksi sel T CAR yang tertinggal di aliran darah Olson dan Ludwig lama setelah kanker mereka menghilang, meskipun jenis sel kekebalan yang bertahan sedikit berbeda dari yang diantisipasi, tim melaporkan pada 2 Februari 2022 di Nature.

"Sekarang kami akhirnya bisa mengucapkan kata 'penyembuhan' dengan sel T CAR," Carl June, peneliti utama University of Pennsylvania, mengatakan kepada The New York Times.

Olson dan Ludwig adalah di antara penerima awal terapi sel T CAR, yang memungkinkan dokter berkesempatan untuk melacak sel dan kondisi pasien selama dekade terakhir.

"Untuk menggunakan kata 'menyembuhkan', Anda benar-benar membutuhkan waktu yang lama untuk menindaklanjuti dan memastikan orang tidak kambuh," kata David Maloney, direktur medis imunoterapi seluler di the Fred Hutchinson Cancer Research Center di Seattle. “Ketika kami mengeluarkan orang-orang ini hingga 10 dan 11 tahun pasca perawatan, itu mendorong kami untuk sedikit lebih kuat dalam mengatakan bahwa mungkin pasien sembuh dalam beberapa kasus.”

Steven Rosenberg, kepala cabang bedah di Pusat Penelitian Kanker Institut Kanker Nasional, sedikit ragu untuk membuat pernyataan serupa. Dia dan rekan-rekannya merawat orang pertama yang menerima terapi sel T CAR—seorang pria dengan limfoma lanjut; seperti Olson dan Ludwig, pasien mengalami remisi total dan tetap bebas penyakit. Namun, bukan tidak mungkin kanker seseorang muncul kembali setelah sekian lama, kata Rosenberg.

Meskipun mungkin terlalu dini untuk mengetahui dengan pasti bahwa pasien ini sembuh, Rosenberg merasa, semua kasus ini sangat menggembirakan. "Saya pikir itu langkah yang baik ke arah itu," katanya. "Ini tentu bisa bertahan sangat lama dan memberikan kehidupan yang relatif normal kembali kepada pasien-pasien ini."

Obat Hidup

Perawatan imunoterapi memanfaatkan sistem kekebalan seseorang untuk melawan kanker. Sel darah putih yang dikenal sebagai sel T, yang menjadi dasar terapi sel T CAR, memainkan berbagai peran dalam sistem kekebalan, termasuk menyerang sel yang telah terinfeksi virus atau berubah menjadi kanker. Namun, sel-T yang dibuat tubuh seseorang secara alami mungkin tidak dilengkapi dengan alat pengenal, atau mungkin jumlahnya terlalu sedikit, untuk mengalahkan kanker mereka.

Baca Juga: Pertama Kali Ada, Tes Darah untuk Deteksi Kanker dan Penyebarannya

Baca Juga: Kerangka Ungkap Penderita Kanker Umum Terjadi di Abad Pertengahan