Tampak Kembar, Apakah Tsar Nicholas II Rusia dan George V Bersaudara?

By Galih Pranata, Kamis, 24 Februari 2022 | 11:00 WIB
Tsar Nicholas II & Raja George V yang berforto di Berlin pada 1913. (Ernst Sandau/Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Banyak orang meneliti silsilah keluarga Tsar Nicholas II asal Rusia dan George V asal Inggris. Semakin para peneliti serius dalam memetakan silsilah keluarga keduanya, semakin banyak kejutan yang mungkin akan mereka temukan.

Melihat hubungan darah yang mengejutkan, sama dengan melihat cabang-cabang pohon yang berjauhan, tapi bisa jadi memiliki akar-akar yang saling terhubung. Begitulah rumitnya akar keturunan dan kekeluargaan.

Antara Tsar di Rusia dengan George di Inggris, tentunya merupakan dua pemimpin yang berbeda secara geopolitik, namun bisa jadi, kemiripan di antara Tsar Nicholas II dengan George V sebenarnya memiliki hubungan darah.

"Pemain utama dalam Perang Dunia Pertama, Tsar Nicholas II dari Kekaisaran Rusia, juga memiliki kepentingan yang sangat pribadi dalam berbagai hal," tulis History dalam artikelnya berjudul The Kaiser, the Tsar and King George V - cousins at war in WW1.

Pada awal 1900-an, Inggris diperintah oleh Raja George V dan Rusia diperintah oleh Tsar Nicholas II. Wajah keduanya tampak mirip dan kembar, padahal berada di dua negara yang berbeda secara geopolitik.

Nyatanya, kemiripan wajah mereka bukanlah hal kebetulan. Dilansir dari History, sebagaimana saudara kembar, Alexandra dari Denmark (Ibu dari George V) merupakan saudara perempuan Dagmar dari Denmark (Ibu dari Tsar Nicholas II).

Dagmar dan Alexndra lahir di Kopenhagen, Denmark. Putri Alexandra atau akrab dengan panggilan Alix, lahir pada 1 Desember 1844. Sedangkan, Putri Dagmar lahir pada 26 November 1847.

Baca Juga: Revolusi Februari, Kepayahan Tsar Nicholas II dalam Memimpin Rusia

Baca Juga: Pembunuhan Keji Tsar Nicholas II 'Napas Terakhir Kekaisaran Rusia'

Baca Juga: Mengurai Benang Kusut di Balik Perselisihan Rusia dan Ukraina

Ayah mereka adalah Pangeran Christiaan dan ibu mereka Putri Louise dari Hesse-Kassel. Orang tua mereka bangsawan tetapi tidak kaya, sehingga mereka terpaksa mengurus sendiri pendidikan anak-anaknya.

Alexandra menikah pada 10 Maret 1863 dengan Albert Eduard, Pangeran Wales, juga dikenal sebagai Bertie. Sedangkan, pada tahun 1865, kedekatan Dagmar dengan Rusia, membuatnya terlibat dengan pernikahan dengan Alexander Nicholas.