Prajurit Thebes yang Lebih Kuat dari Sparta, Ternyata Homoseks

By Galih Pranata, Jumat, 25 Februari 2022 | 07:00 WIB
Pahatan yang menampilkan hubungan sejenis ditunjukkan pria dewasa dan pria remaja di Yunani Kuno. (Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Siapa yang tak kenal prajurit perang Sparta? Pasukan yang tak terkalahkan dalam sejarah dan dibuat ke dalam banyak buku dan film. Nyatanya, memiliki musuh bebuyutan yang pernah mengalahkannya dalam pertempuran.

Ialah Thebes, prajurit perang kuno milik Yunani yang tidak biasa. "Selama kurang lebih empat puluh tahun selama abad ke-4 SM, sebuah unit militer yang dikenal sebagai Kelompok Suci Thebes, tidak terkalahkan di medan pertempuran," tulis History.

History menerbitkan sebuah artikel di laman websitenya berjudul The Army of Same-Sex Lovers who Made Up Sparta's Biggest Rivals, yang terbit pada 2022.

Bahkan, selama ini mereka telah berhasil mengalahkan tentara Sparta dalam ukiran sejarah, menghancurkan citra Sparta sebagai pasukan yang tak terkalahkan dan selamanya mengubah keseimbangan kekuasaan.

"Prajurit perang Thebes telah dilatih, ditempatkan, dan dibiayai oleh negara-kota Yunani Thebes. Mereka adalah pejuang profesional, yang sangat tidak biasa di Yunani kuno," demikian seperti yang dilansir History.

Didirikan sekitar 379 SM, divisi pertempuran elit dibentuk sebagai cabang tentara Thebes oleh seorang pria bernama Gorgidas. Menariknya, dilansir dari History, sekitar 150 pasang kekasih sesama laki-laki atau homo seksual terdapat dalam barisan pasukan perang mereka.

"Gorgidas memilih sendiri 300 pria, dipilih karena atribut fisik dan prestasi militer mereka, serta fakta bahwa mereka semua adalah pecinta sesama jenis."

"Pandangan tentang homoseksualitas atau hubungan sesama jenis di Yunani Kuno dibedakan bukan oleh hasrat seksual, tetapi lebih dipersepsikan oleh peran yang dimainkan masing-masing partisipan, baik sebagai penetrator, atau penetrasi pasif," seperti yang dilansir Heritage Daily.

Media ini menerbitkan tulisan tentang fenomena homoseksualitas pasukan militer Thebes dalam artikelnya berjudul The Sacred Band of Thebes – The Elite Military Unit of Same Sex Lovers, dipublikasi 30 Juni 2021.

Tentara gay Thebes yang tak terkalahkan di medan pertempuran selama empat puluh tahun. (Wikimedia Commons)

Peran penetrator berhubungan dengan atribut yang dominan, maskulin, dan berstatus sosial yang tinggi, sedangkan peran pasif dikaitkan dengan feminitas, status sosial yang lebih rendah, dan pemuda, yang sering menjadi subjek stigma sosial dalam masyarakat Yunani.

Menurut filsuf dan sejarawan Plutarch (46 – 119 M), Salib Suci terdiri atas 300 pria pilihan, yang diidentifikasi sebagai erastês yang lebih tua atau erômenos pasif yang lebih muda, yang akan bertukar sumpah suci dan beribadah di kuil Iolaus (mengklaim sebagai salah satu pencinta Heracles) di Thebes.