Ivan yang Mengerikan: Bagaimana Dia Bisa Menjadi Tsar Pertama Rusia?

By Utomo Priyambodo, Jumat, 25 Februari 2022 | 16:00 WIB
Ivan IV atau Ivan yang Mengerikan, tsar pertama Rusia. (Viktor Vasnetsov/Public Domain)

Nationalgeographic.co.id—Tsar Rusia adalah gelar yang digunakan oleh penguasa Tsardom Rusia, sebuah negara yang berdiri dari tahun 1547 hingga 1721. Tsardom Rusia didahului oleh Keharyapatihan Moskow, dan digantikan oleh Kekaisaran Rusia.

Tsar pertama Rusia adalah Ivan IV. Dalam bahasa Inggris dia lebih dikenal sebagai Ivan the Terrible atau Ivan yang Mengerikan. Dalam bahasa Rusia dia dikenal sebagai Ivan Grozny, Pangeran Agung Moskow yang terakhir, dan pendiri Tsardom Rusia.

Apa itu Tsar?

Gelar 'tsar' tidak hanya digunakan oleh para penguasa Rusia, tetapi juga oleh raja-raja Slavia lainnya, seperti penguasa Kekaisaran Bulgaria. Gelar ini berasal dari bahasa Latin 'Caesar', gelar kekaisaran yang terus digunakan oleh Bizantium lama setelah pembagian Kekaisaran Romawi.

Di Rusia abad pertengahan, gelar kaisar menjadi 'tsar', dan memiliki konotasi keagamaan yang melekat padanya. Meskipun gelar itu digunakan untuk merujuk pada penguasa tertinggi, gelar itu secara khusus merujuk pada kepala sekuler dunia Kristen Ortodoks, yaitu kaisar Bizantium.

Dikutip dari Ancient Origins, Keharyapatihan Moskow adalah negara bagian yang mendahului Ketsaran Rusia. Moskow didirikan sebagai kota perdagangan kecil sekitar abad ke-12 dan dihancurkan selama invasi Mongol ke Rus pada abad berikutnya.

Pada tahun 1263, Moskow, yang masih merupakan kota kecil, diberikan kepada Daniel I, putra bungsu Alexander Nevsky, setelah kematiannya. Daniel dan keturunannya berusaha menyatukan tanah Rusia.

Penyatuan tanah Rusia Raya selesai pada masa pemerintahan Ivan III Vasilyevich yang dikenal juga sebagai Ivan Agung. Pada saat kematian Ivan pada tahun 1505, Pangeran Agung Moskow berlaku juga sebagai penguasa Rusia.

Ivan III digantikan oleh putranya Vasili III, yang pemerintahannya relatif lancar. Arti penting Vasili, bagaimanapun, terletak pada kenyataan bahwa ia adalah ayah dari Ivan IV, yang menggantikannya sebagai Pangeran Agung Moskow pada usia tiga tahun pada tahun 1533.

Baca Juga: Mengapa Tidak Ada yang Menyelamatkan Tsar Nicholas II dari Eksekusi?

Baca Juga: Tampak Kembar, Apakah Tsar Nicholas II Rusia dan George V Bersaudara?

Baca Juga: Setelah 61 Tahun, Pemakaman Sadis Tsar Nicholas II Akhirnya Terungkap