Histori Minyak dan Gas di Ukraina yang Menyeretnya Pada Ambisi Rusia

By Galih Pranata, Rabu, 2 Maret 2022 | 10:00 WIB
Konstruksi pipa Dashava di Kiev, ibu kota Ukraina. (utg.ua)

Nationalgeographic.co.id—Minyak menjadi kontestasi dan dianggap salah satu faktor yang memperuncing perseteruan Ukraina atas Rusia. Sejarah minyak di Ukraina telah berlangsung sangat lama, di mana minyak telah menjadi kekuatan baginya.

"Ukraina memulai produksi minyak dan industri gas jauh sebelum banyak negara lain memulainya, sudah hampir 250 tahun yang lalu," tulis Yuriy Vitrenko dalam artikelnya yang berjudul Ukraine’s Oil and Gas Industry Has a Long and Interesting History, terbit pada 2019.

Kota Drohobych di Ukraina, diberikan hak untuk menerangi jalan-jalannya dengan perindustrian minyak sejak abad ke-16. Penyebutan tertulis pertama dari deposit minyak di Carpathians dimulai pada 1617. 

Produksi industri dimulai dari ladang minyal di kawasan Sloboda Rungurska, setidaknya sudah dimulai dimulai pada 1711. Satu setengah abad berikutnya, mulai bermunculan perusahaan minyak dan gas di seluruh Ukraina.

Pada awal abad ke-20, wilayah Galicia, Ukraina menduduki peringkat dunia sebagai penghasil minyak terbesar ketiga di dunia setelah Amerika Serikat dan Rusia. 

Jalan-jalan di Galicia mulai diterangi karena geliat perindustrian minyak yang sibuk, menjauhkannya dari kesunyian yang mencekam, sekaligus menjadi wilayah yang aman untuk ditinggali.

"Menduduki peringkat sebagai yang terbesar di Eropa pada saat itu – dan pipa gas pertama dioperasikan. Industri gas alam Ukraina berkembang pada tingkat yang membuatnya terkenal di seluruh Eropa dan di seluruh dunia," ungkap Vitrenko dalam artikelnya.

Pada 1975, produksi gas tahunan mencapai puncaknya hampir 70 miliar meter kubik, lebih dari dua kali total konsumsi gas tahunan Ukraina saat ini.

Menariknya, Ukraina menjadi negara yang paling maju dalam perindustrian minyak dan gas. Faktanya, 30% dari kebutuhan gas alam Eropa pada saat itu dipenuhi oleh gas yang dipasok di seluruh wilayah Ukraina.

Begitupun 80 persen proyek rekayasa terkait produksi gas di Uni Soviet dikembangkan oleh lembaga penelitian Ukraina.

Ekstraksi minyak pada puncaknya melebihi tingkat produksi saat ini dan pada puncaknya melebihi tingkat produksi saat ini dengan faktor 3,5.

"Pada 1980-an, pipa-pipa utama diletakkan di seluruh Ukraina untuk menghubungkan ladang gas di Siberia dengan konsumen sejauh Eropa barat," tambahnya.