Apa Itu Bom Vakum? Ukraina Mengklaim Rusia telah Menggunakannya

By Agnes Angelros Nevio, Rabu, 2 Maret 2022 | 13:00 WIB
Tentara Ukraina (Sergei Supinsky/AFP)

Nationalgeographic.co.id—Kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan permusuhan antara dua negara ini, Rusia dan Ukraina. Sebuah kabar terbaru kedua negara yang sedang memanas ini bisa menjadi tambahan pelajaran baru tentang senjata perang dan teknologi perang.

Duta Besar Ukraina untuk Amerika Serikat dan kelompok hak asasi manusia menuduh Rusia menggunakan bom tandan dan bom vakum di Ukraina saat perang berkecamuk di dan sekitar Kyiv. Senjata tersebut telah dikutuk oleh berbagai organisasi internasional termasuk Amnesty International dan Human Rights Watch.

Organisasi tersebut mengatakan bahwa pasukan Rusia tampaknya telah menggunakan amunisi tandan yang dilarang secara luas, dengan Amnesty menuduh mereka menyerang sebuah prasekolah di timur laut Ukraina sementara warga sipil berlindung di dalamnya. Sementara itu, Duta Besar Ukraina untuk Amerika Serikat, Oksana Markarova, menuduh Moskow menggunakan senjata termobarik, yang dikenal sebagai bom vakum.

"Mereka menggunakan bom vakum hari ini. Kehancuran yang coba ditimbulkan Rusia di Ukraina sangat besar," kata duta besar itu kepada wartawan. Klaim Ukraina belum dikonfirmasi di lapangan dan Reuters mengutip Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki mengatakan, "Jika itu benar, itu berpotensi menjadi kejahatan perang." Dia mencatat bahwa ada organisasi internasional yang akan menilai itu dan pemerintahan Presiden Joe Biden "akan terlihat menjadi bagian dari percakapan itu."

Ap aitu bom vakum?

Dengan kemajuan teknologi dan sifat perang yang serba cepat, senjata juga telah ditingkatkan. Sementara sebagian besar senjata mengandalkan bahan peledak untuk melemparkan pecahan logam untuk menghancurkan target, kelas amunisi baru berfokus pada ledakan sebagai output utama mereka. Senjata termobarik adalah salah satu alat yang menggunakan efek suhu dan tekanan pada target.

Bom vakum, atau senjata termobarik, menghisap oksigen dari udara sekitarnya untuk menghasilkan ledakan suhu tinggi, biasanya menghasilkan gelombang ledakan dengan durasi yang jauh lebih lama daripada ledakan konvensional dan mampu menguapkan tubuh manusia.

Baca Juga: Perjuangan Ukraina sejak Uni Soviet Runtuh hingga Kini Digempur Rusia

Baca Juga: Konflik Rusia-Ukraina, Apakah Reaktor Nuklir Chernobyl Aman?

Baca Juga: Bagaimana Perang Elektronik Memengaruhi Krisis Perang Rusia-Ukraina?

 

Juga dikenal sebagai bom aerosol, itu adalah amunisi dua tahap dengan muatan pertama yang mendistribusikan aerosol yang terbuat dari bahan yang sangat halus dari bahan bakar berbasis karbon hingga partikel logam kecil. Muatan kedua menyalakan awan itu menciptakan gelombang kejut yang menyedot oksigen dan membuat ruang hampa di sekitar targetnya. Para ahli telah memperingatkan bahwa gelombang ledakan bom vakum berlangsung jauh lebih lama daripada bahan peledak tradisional.