Kisah Fanatisme Sepak Bola Korea, 'Son Heung-Min Adalah Segalanya'

By Galih Pranata, Minggu, 6 Maret 2022 | 15:00 WIB
Wajah Son Heung-Min terpampang di banyak papan iklan di Korea Selatan, menandingi popularitas aktor dan penyanyi sohor Korea. (CNN)

Nationalgeographic.co.id—Meski tak sebesar nama Cristiano Ronaldo, rakyat Korea Selatan sangat-sangat menggilai Son Heung-Min sebagai pesepak bola paling sohor di Korea hari ini. Utamanya Asia, Son bisa jadi yang terbaik saat ini.

Salah satu penggemar beratnya dikisahkan oleh Minji Seo, seorang gadis yang tinggal di Korea Selatan, menceritakan kegilaannya pada Son Heung-Min, ikon sepak bola terbesar bagi Korea Selatan saat ini kepada CNN.

Ben Church menuliskan kisan Seo dalam artikelnya yang berjudul "How Son Heung-Min 'Sonsation' gripped South Korea", dipublikasikan pada 25 November 2019.

Minji Seo tinggal di Korea Selatan, ribuan mil jauhnya dengan idola sekaligus pahlawan dalam hidupnya yang kini bermain untuk Tottenham Hotspurs di London, Inggris.

"Kegilaannya (Seo) kepada Son Heung-Min, tidak menghalangi keinginannya untuk dapat menyaksikan Son berlaga, kemana pun dia pergi," ungkap Church.

Wanita berusia 27 tahun itu sangat menggilai Son, sehingga ia akan selalu mendukungnya, melakukan berbagai perjalanan jauh untuk tetap dapat menyaksikannya. Ini menjadi budaya fanatisme penggemar yang fenomenal di Korea.

Saat Church melakukan wawancaranya bersama dengan tim dari CNN, Seo mengungkapkan, "gairah hidup saya adalah Son Heung-Min."

"Ketika saya bangun, hal pertama yang saya pikirkan adalah Son," sambung Minji Seo kepada CNN. Bagi Seo, Son Heung-Min adalah segalanya.

Pada bulan Oktober 2019, Seo melakukan perjalanan lebih dari 5.000 mil untuk menonton Son bermain di babak penyisihan grup UEFA Champions League, saat Tottenham melawan Red Star Belgrade.

"Yang membuatnya histeris kegirangan, kala Son mencetak dua gol dalam kemenangan 5-0 untuk timnya," tulis Church. Seo telah menghabiskan banyak uangnya untuk Son Heung-Min, demi menyaksikannya.

"Menonton Son membuatku bangga sebagai orang Korea, dan saya telah menghabiskan 50% dari penghasilan saya untuk mengikuti setiap laga yang dimainkan Son," tambahnya.

Baca Juga: Kenapa Banyak Sekali Orang Korea Selatan yang Punya Nama Kim?