Lucius Verus: Kaisar Romawi yang Doyan Judi dan Hiburan Malam

By Utomo Priyambodo, Rabu, 9 Maret 2022 | 10:00 WIB
Marcus Aurelius dan Lucius Verus, para kaisar Romawi. (Mike Bishop/Flickr)

Nationalgeographic.co.id—Lucius Aurelius Verus yang dikenal sebagai Lucius Verus awalnya lahir sebagai Lucius Ceionius Commodus pada tanggal 15 Desember 130 Masehi. Ayahnya, seorang senator, juga bernama Lucius Ceionius Commodus. Adapun ibunya adalah seorang wanita bangsawan Romawi bernama Avidia Plautia.

Hanya sedikit hal yang diketahui tentang Avidia, tapi ada banyak informasi tentang ayah Lucius. Sebab, Lucius yang tua (sang ayah) diadopsi oleh Hadrian dan ditunjuk sebagai pewaris takhta. Setelah diadopsi, Lucius yang tua mengubah namanya menjadi Lucius Aelius Caesar. Namun putra angkat Hadrian itu meninggal sebelum sang kaisar meninggal dan karena itu tidak menjadi kaisar.

Namun demikian, biografi Lucius yang tua tercatat dalam Historia Augusta, kumpulan biografi kaisar Romawi dari Hadrian ke Numerian (periode antara 117 dan 284 Masehi). Bagian pertama dari karya ini, yang mencakup periode dari Hadrian ke Caracalla (dan karena itu mencakup Lucius Verus dan Aelius Caesar), diyakini didasarkan pada sumber-sumber yang dapat dipercaya dan oleh karena itu memiliki nilai sejarah tertentu.

Aelius berhubungan baik dengan Hadrian, seperti yang dilaporkan oleh Historia Augusta bahwa "dia adalah satu-satunya yang mendapatkan setiap keinginannya, bahkan ketika diungkapkan dalam sebuah surat". Selain itu, di Pannonia, ia "melakukan kampanye dengan sukses, atau lebih tepatnya, dengan keberuntungan, dan mencapai reputasi, jika bukan seorang komandan yang unggul, setidaknya termasuk yang rata-rata".

Sayangnya, Aelius menderita kesehatan yang buruk sehingga Hadrian tampaknya menyesali keputusannya untuk mengadopsi dia. Mengenai kematian Aelius, Historia Augusta melaporkan bahwa "Karena setelah Verus kembali dari provinsinya, dan telah selesai menulis, baik dengan usahanya sendiri atau dengan bantuan sekretaris kekaisaran atau ahli retorika, pidato yang sangat indah, masih dibaca sampai sekarang, di mana dia bermaksud menyampaikan terima kasihnya kepada ayahnya Hadrian di Kalends of January, dia menelan ramuan yang dia yakini akan bermanfaat baginya dan meninggal pada hari itu juga di bulan Januari".

Setelah kematian Aelius pada Januari 138 Masehi, Hadrian mengangkat Titus Aurelius Antoninus (lebih dikenal sebagai Antoninus Pius) sebagai ahli waris barunya. Hadrian sendiri meninggal beberapa bulan setelah Aelius dan Antoninus menjadi kaisar baru Romawi.

Sebelum kematiannya, Hadrian mengatur agar Antoninus mengadopsi dua pemuda, Lucius dan Marcus (Marcus Aurelius), sebagai putranya. Hal ini menjadi indikasi bahwa Hadrian memiliki harapan yang tinggi terhadap kedua pemuda tersebut.

Lucius Verus adalah kaisar Romawi yang kerap dilupakan karena pemerintahannya dibayangi oleh Marcus Aurelius. (Rasiel Suarez/Wikimedia Commons)

Ketika Antoninus menjadi kaisar, dia berusia 51 tahun, sedangkan Lucius dan Marcus masing-masing berusia 7 dan 17 tahun. Antoninus memerintah sampai kematiannya pada tahun 161 Masehi, dan saat itu Marcus berusia sekitar 40 tahun. Kadang-kadang diasumsikan bahwa Hadrian menganggap Aelius dan Antoninus sebagai 'penghangat bangku' untuk Lucius, Marcus, atau keduanya. Hadrian salah perhitungan dalam kedua kasus – Aelius meninggal bahkan sebelum menjadi kaisar, sementara Antoninus memerintah selama lebih dari dua dekade.

Selama pemerintahan Antoninus, Marcus sudah belajar mengatur kekaisaran dan mengambil peran publik. Pada 140 Masehi, misalnya, ia diangkat menjadi konsul untuk pertama kalinya. Lima tahun kemudian, ia diangkat sebagai konsul lagi.

Pada tahun yang sama, Marcus menikah dengan Annia Galeria Faustina Minor yang dikenal juga sebagai Faustina Kecil atau Faustina Muda. Faustina Muda ini adalah sepupu dari pihak ibu dan putri Antoninus.

Pada tahun 147 Masehi, imperium dan tribunicia potestas, yang merupakan kekuatan formal utama dari kaisar, dianugerahkan kepada Marcus. Dengan memberikan kekuatan ini kepada Marcus, Antoninus mengangkatnya secara tidak resmi sebagai 'rekan kaisar junior'.