Spesies Baru Stegosaurus Tertua di Dunia Ditemukan di Tiongkok

By Ricky Jenihansen, Rabu, 9 Maret 2022 | 09:00 WIB
Ilustrasi Bashanosaurus primitivus (T & F)

Nationalgeographic.co.id—Tim ilmuwan dari Chongqing Bureau of Geological and Mineral Resource Exploration and Development in Tiongkok and London's Natural History Museum melaporkan penemuan spesies baru stegosaurus di Tiongkok. Spesies baru tersebut diperkirakan merupakan salah satu yang paling awal ditemukan di manapun di dunia.

Spesies baru tersebut diberi nama Bashanosaurus primitivus. Nama 'Bashan' mengacu pada nama kuno untuk daerah Chongqing di Tiongkok tempat dinosaurus tersebut ditemukan, dan 'primitivus' bahasa latin untuk 'pertama'. Temuan tersebut telah dipublikasikan di Journal of Vertebrate Paleontology baru-baru ini dengan judul "New Stegosaurs from the Middle Jurassic Lower Member of the Shaximiao Formation of Chongqing, China".

Bashanosaurus primitivus menjelajahi Bumi sekitar 168 juta tahun yang lalu selama periode Jurassic Tengah. Spesies baru ini relatif kecil, tetapi tampak menakutkan. Berukuran sekitar 2,8 meter (9 kaki) dari hidung ke ekor, tetapi para ilmuwan tidak dapat memastikan apakah fosil yang ditemukan ini merupakan stegosaurus dewasa atau remaja. Spesies baru dari salah satu jenis dinosaurus yang paling dikenal ini merupakan stegosaurus tertua yang pernah ditemukan di dunia.

Fosil stegosaurus yang ditemukan meliputi tulang dari punggung, bahu, paha, kaki, dan tulang rusuk. Kemudian beberapa pelat zirah. Fosil diperkirakan berasal dari tahap Bajocian pada periode Jurassic Tengah, jauh lebih awal daripada stegosaurus yang paling dikenal.

Stegosaurus artinya 'kadal beratap', karena sisik besar di punggungnya. sebuah genus dinosaurus herbivora besar dari Awal Jurassic di Amerika Utara. Spesies ini adalah salah satu jenis dinosaurus yang paling mudah diidentifikasi, karena kedua baris sisik yang saling silang di punggungnya. (H.N. Hutchinson)

Menurut peneliti, spesies baru, yang menjelajahi planet ini 168 juta tahun yang lalu ini berperan dalam mengungkap bagaimana stegosaurus berevolusi. Faktanya, hingga hari ini, sedikit yang diketahui tentang hal tersebut.

Ia memiliki duri yang lebih kecil dan kurang berkembang, dasar yang lebih sempit dan lebih tebal untuk pelat pelindungnya, fitur lain yang berbeda dari semua stegosaurus Jurassic Tengah lainnya yang ditemukan sejauh ini. Namun, ia memiliki kesamaan dengan beberapa dinosaurus lapis baja pertama, yang berusia lebih dari 20 juta tahun.

"Semua fitur ini adalah petunjuk tempat stegosaurus di pohon keluarga dinosaurus," kata Dr. Dai Hui dari Biro Eksplorasi dan Pengembangan Sumber Daya Geologi dan Mineral Chongqing yang memimpin penelitian.

Fragmen fosil yang ditemukan. (Susannah et al.)

"Bashanosaurus dapat dibedakan dari stegosaurus Jurassic Tengah lainnya, dan jelas mewakili spesies baru."

Terlebih lagi, lanjutnya, analisis mereka tentang pohon keluarga menunjukkan bahwa spesies baru ini adalah salah satu stegosaurus yang paling awal divergen bersama dengan Chungkingosaurus dan Huayangosaurus. "Ini semua digali dari Formasi Shaximiao Jurassic Tengah hingga Akhir di Tiongkok, menunjukkan bahwa stegosaurus mungkin berasal dari Asia," ia menjelaskan.

Dapat dikenali oleh pelat belakang besar, paku ekor panjang dan kepala kecil, berkaki empat, dinosaurus pemakan tumbuhan yang hidup selama periode Jurassic dan awal Cretaceous. Fosil stegosaurus telah ditemukan di semua benua kecuali Antartika dan Australia, dan sejauh ini telah diidentifikasi 14 spesies stegosaurus.