Serial Komedi yang Populer Karena Pemerannya Presiden Ukraina

By Galih Pranata, Senin, 14 Maret 2022 | 07:00 WIB
Poster serial komedi Servant of Poeple di saluran TNT (Ukraina) yang diperankan presiden Ukraina, Vlodymir Zelensky. (TNT/Biz.Liga)

Nationalgeographic.co.id—"Seorang guru di sekolah menengah diangkat menjadi presiden, setelah video seorang siswa yang menunjukkan guru tersebut mengecam pejabat di Ukraina yang terlibat korupsi, menjadi viral," tulis Hillary Fox kepada Irish Examiner.

Hillary Fox membuat suatu ulasan dari sebuah serial komedi yang menjadi populer di dunia. Fox menuliskannya dalam artikel berjudul Comedy series starring Ukrainian president Zelensky sees popularity boost, terbit 2 Maret 2022.

Serial komedi itu pernah populer di Ukraina pada 2015. Vasiliy Petrovich Goloborodko adalah seorang guru di Ukraina yang humoris namun patriotis. Berkat usahanya, ia akhirnya dilantik menjadi presiden.

"Dalam serial komedi itu, Goloborodko mulai menjalankan negara sambil menghindari keuntungan menjadi pemimpin dengan mempertahankan kehidupan normalnya," tambahnya. Serial komedi itu berjudul Servant of the People—atau Pelayan Masyarakat.

Sekilas tak ada yang aneh dengan serial komedi itu, sampai semua penonton menyadari bahwa serial tersebut merupakan bagian dari masa lalu Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky.

Dalam serial itu, Vasiliy Goloborodko sebagai pemeran utama, diperankan oleh Zelensky. Ia merupakan seorang aktor sekaligus komik atau komedian satiris yang telah malang melintang di industri hiburan Ukraina.

Presiden Ukraina berusia 44 tahun, yang sekarang dikenal sebagai pemimpin perang yang heroik, dulunya adalah seorang komedian, aktor film, dan bintang sinetron yang sangat sukses, yang telah menyempurnakan peran orang biasa menjadi seorang pemimpin negara.

"Zelensky tidak memiliki pengalaman politik ketika ia mencalonkan diri sebagai presiden pada 2019," tulis Marc Berenson kepada The Conversation dalam artikel berjudul Volodymyr Zelensky: the comedian who defied the might of Putin’s war machine, publish pada 8 Maret 2022.

Lahir pada 1978 di Kota Kryvyi Rih, kota pertambangan besi besar (dan sangat tercemar) di tenggara Ukraina, ia adalah putra seorang profesor ilmu komputer dan seorang insinyur.

Kakek dan tiga paman buyutnya bertempur sebagai tentara Soviet melawan Nazi Jerman, dan hanya kakeknya yang masih hidup. Paman buyut dan kerabat lainnya dibunuh dalam peristiwa Holocaust.

Saat memasuki jenjang sekolah menengah, Zelensky dan teman-temannya menjajal untuk bergabung dengan Klub Vesyólykhi Nakhódchivykh (KVN) untuk turut dalam kompetisi komedi dan acara TV anak muda.

Saat mendapatkan gelar sarjana hukum, Zelensky membentuk grup komedi bernama Kvartal 95 dengan teman-temannya saat masih sekolah menengah, yang dulunya tergabung dalam KVN.