Semburan dari Lubang Hitam Ciptakan Gelembung Besar di Pusat Bimasakti

By Wawan Setiawan, Minggu, 13 Maret 2022 | 10:00 WIB
Tim visualisasi NASA menciptakan superposisi gambar Bimasakti, yang diambil oleh observatorium ruang angkasa Gaia Badan Antariksa Eropa, dan visualisasi simulasi gelembung eRosita dan Fermi. (ESA/Gaia/DPAC, CC BY-SA 3.0 IGO)

Nationalgeographic.co.id - Pada tahun 2020, teleskop sinar-X eRosita mengambil gambar dua gelembung besar yang memanjang jauh di atas dan di bawah pusat galaksi kita. Sejak itu, para astronom memperdebatkan asal usul mereka.

Kini, sebuah penelitian termasuk penelitian Universitas Michigan menunjukkan bahwa gelembung-gelembung itu adalah hasil dari pancaran aktivitas yang kuat dari lubang hitam supermasif di pusat Bimasakti. Studi yang dipublikasikan di jurnal Nature Astronomy pada 7 Maret 2022 berjudul "Fermi and eROSITA bubbles as relics of the past activity of the Galaxy’s central black hole", juga menunjukkan jet mulai memuntahkan materi sekitar 2,6 juta tahun yang lalu, dan berlangsung sekitar 100.000 tahun.

Hasil tim menunjukkan bahwa gelembung Fermi, ditemukan pada 2010, dan kabut gelombang mikro, yaitu kabut partikel bermuatan yang kira-kira berada di pusat galaksi, dibentuk oleh pancaran energi yang sama dari lubang hitam supermasif. Studi ini dipimpin oleh National Tsing Hua University bekerja sama dengan UM dan University of Wisconsin.

“Temuan kami penting dalam arti bahwa kami perlu memahami bagaimana lubang hitam berinteraksi dengan galaksi yang ada di dalamnya, karena interaksi ini memungkinkan lubang hitam ini tumbuh dengan cara yang terkendali dan bukannya tumbuh tak terkendali,” kata astronom UM Mateusz Ruszkowski, salah satu penulis penelitian ini. “Jika Anda percaya model gelembung Fermi atau eRosita ini didorong oleh lubang hitam supermasif, Anda bisa mulai menjawab pertanyaan mendalam ini.”

“Ada dua model bersaing yang menjelaskan gelembung-gelembung ini, yang disebut gelembung Fermi dan eRosita sesuai dengan nama teleskop yang menamakannya,” tutur Ruszkowski. “Yang pertama menunjukkan bahwa aliran keluar didorong oleh ledakan bintang nuklir, di mana sebuah bintang meledak dalam supernova dan mengeluarkan material. Model kedua, yang didukung oleh temuan tim, menunjukkan bahwa arus keluar ini didorong oleh energi yang dikeluarkan dari lubang hitam supermasif di pusat galaksi kita.”

Aliran keluar dari lubang hitam ini terjadi ketika material bergerak menuju lubang hitam, tetapi tidak pernah melintasi cakrawala peristiwa lubang hitam, atau permukaan matematis di bawahnya di mana tidak ada yang bisa lolos. Karena sebagian dari materi ini terlempar kembali ke luar angkasa, lubang hitam tidak tumbuh tak terkendali. Namun energi yang dilempar dari lubang hitam memang menggantikan material di dekat lubang hitam, menciptakan gelembung-gelembung besar ini.

Strukturnya sendiri setinggi 11 kiloparsec. Satu parsec setara dengan 3,26 tahun cahaya, atau sekitar tiga kali jarak yang ditempuh cahaya selama setahun. Strukturnya, kemudian, tingginya hampir 36.000 tahun cahaya.

Sebagai perbandingan, galaksi Bimasakti berdiameter 30 kiloparsec, dan tata surya kita berada sekitar 8 kiloparsec dari pusat galaksi. Gelembung eRosita berukuran sekitar dua kali ukuran gelembung Fermi dan diperluas oleh gelombang energi, atau gelombang kejut, yang didorong keluar oleh gelembung Fermi, menurut para peneliti.

Simulasi, dengan gelembung sinar gamma berwarna ungu dan sinar-X berwarna biru. (Karen Yang et al., Nat. Astron., 2022)

“Kami tidak hanya dapat mengesampingkan model ledakan bintang, tetapi kami juga dapat menyempurnakan parameter yang diperlukan untuk menghasilkan gambar yang sama, atau sesuatu yang sangat mirip dengan apa yang ada di langit, dalam model lubang hitam supermasif itu. Kita dapat membatasi hal-hal tertentu dengan lebih baik, seperti berapa banyak energi yang dipompa, apa yang ada di dalam gelembung-gelembung ini, dan berapa lama energi yang disuntikkan untuk menghasilkan gelembung-gelembung ini,” papar Ruszkowski.

Baca Juga: Sempat Dikira Lubang Hitam Terdekat, Ternyata Ada

Baca Juga: Astronom Temukan Lubang Hitam yang Tumbuh Paling Cepat di Alam Semesta