Astronom Mendeteksi Titik-titik Sangat Panas di Permukaan Magnetar

By Wawan Setiawan, Senin, 14 Maret 2022 | 16:00 WIB
SGR 1830, berada di jarak 13.000 tahun cahaya, dengan titik-titik panas yang cemerlang di permukaannya yang meletus. (NASA's Goddard Space Flight Center)

Nationalgeographic.co.id—Magnetar adalah jenis bintang neutron yang terisolasi, inti yang hancur tertinggal ketika sebuah bintang masif meledak. Memampatkan massa lebih dari Matahari menjadi bola sekitar 20 kilometer, bintang neutron terbuat dari materi yang sangat padat sehingga satu sendok teh akan memiliki berat sebanyak gunung di Bumi.

Untuk pertama kalinya, Neutron star Interior Composition Explorer (NICER) NASA telah mengamati penggabungan bintik-bintik sinar-X jutaan derajat di permukaan magnetar, inti bintang supermagnet yang tidak lebih besar dari sebuah kota.

"NICER melacak bagaimana tiga titik terang yang memancarkan sinar-X perlahan-lahan berkeliaran di permukaan objek sementara ukurannya juga berkurang, memberikan tampilan terbaik pada fenomena ini," kata George Younes, seorang peneliti di Universitas George Washington di Washington dan Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA di Greenbelt, Maryland. "Tempat terbesar akhirnya menyatu dengan yang lebih kecil, yang merupakan sesuatu yang belum pernah kita lihat sebelumnya."

Kumpulan pengamatan unik ini, dijelaskan dalam makalah yang dipimpin oleh Younes dan diterbitkan pada 13 Januari 2022 di jurnal The Astrophysical Journal Letters dengan judul Pulse Peak Migration during the Outburst Decay of the Magnetar SGR 1830-0645: Crustal Motion and Magnetospheric Untwisting. Dalam studi tersebut, membantu memandu para ilmuwan untuk memahami lebih lengkap tentang interaksi antara kerak dan medan magnet dari objek-objek ekstrem ini.

Apa yang membedakan magnetar dengan yang lainnya adalah mereka memiliki medan magnet terkuat, hingga 10 triliun kali lebih kuat daripada magnet kulkas dan seribu kali lebih kuat dari bintang neutron biasa. Medan magnet mewakili gudang energi yang sangat besar. Ketika terganggu, dapat memicu ledakan aktivitas sinar-X yang meningkat berlangsung dari bulan ke tahun.

Pada 10 Oktober 2020, Observatorium Neil Gehrels Swift NASA menemukan ledakan semacam itu dari magnetar baru, yang disebut SGR 1830-0645 (atau bisa disingkat SGR 1830). Itu terletak di konstelasi Scutum, dan sementara jaraknya tidak diketahui secara pasti.

Namun, menurut perkiraan para astronom, objek itu terletak sekitar 13.000 tahun cahaya. Swift mengarahkan Teleskop Sinar-X ke sumbernya, dan mendeteksi pulsa berulang yang mengungkapkan bahwa objek itu berputar setiap 10,4 detik.

Cuplikan akhir plot yang melacak 37 hari perubahan dalam emisi sinar-X puncak SGR 1830 seperti yang terlihat oleh NICER NASA. Area hijau, kuning, dan merah menunjukkan daerah yang menghasilkan sinar-X paling banyak dan dianggap mewakili titik panas magnetar. Mereka berubah dalam intensitas dan posisi relatif satu sama lain seiring berjalannya waktu. Untuk pertama kalinya, para astronom mencatat dua titik seperti itu bergabung. (NASA/NICER/G. Younes dkk. 2022)

NICER mengamati SGR 1830 hampir setiap hari sejak penemuannya hingga 17 November, setelah itu Matahari terlalu dekat dengan bidang pandang untuk pengamatan yang aman. Selama periode ini, puncak emisi secara bertahap bergeser, terjadi pada waktu yang sedikit berbeda dalam rotasi magnetar.

Hasilnya mendukung model di mana bintik-bintik terbentuk dan bergerak sebagai akibat dari gerakan kerak, dengan cara yang sama seperti gerakan lempeng tektonik di Bumi yang mendorong aktivitas seismik.

        

Baca Juga: Energi Gelap: Bintang Neutron Memberi Tahu Kita, Itu Hanyalah Ilusi?