Mata Membengkak Akibat Menangis, Beginilah Penjelasan Medisnya

By Ratu Haiu Dianee, Selasa, 15 Maret 2022 | 13:00 WIB
Pembengkakan pada area mata akibat menangis. Mengapa setiap kita menangis di malam hari namun di pagi hari mata kita terlihat bengkak? Tentu hal ini sangat menjengkelkan. (VIKTOR KITAYKIN)

Nationalgeographic.co.id—Menangis merupakan hal yang wajar. Bisa menimpa siapa saja baik di kalangan muda atau tua, perempuan atau laki-laki, dan orang yang kuat atau lemah. Namun, pernahkah kita bertanya-tanya mengapa setelah menangis di malam hari, saat pagi tiba mata anda merasa sembap dan bengkak?

Sebelum menjawab itu, air mata mengandung cairan lendir yang berfungsi sebagai pelembab mata dan minyak pelumas yang mencegah penguapan pada mata. Lendir ini mengandung antibodi dan protein khusus untuk ketahanan terhadap infeksi.

Dikutip dari laman Cleveland Clinic, air mata juga mengangkut oksigen dan nutrisi menuju ke sel-sel permukaan mata—karena mata tidak memiliki pembuluh darah.

Air Mata pada Mata Kita

Tanpa kita sadari, mata kita selalu mengeluarkan air mata setiap saat dan ternyata mata memiliki beberapa jenis air mata yang fungsinya berbeda-beda.

Air mata basal yang mengandung minyak, lendir, air, dan garam untuk membantu pencegahan infeksi mata. Air mata basal ini diproduksi oleh kelenjar lakrimal setiap saat dan dapat membantu penglihatan serta mempertajam fokus pada mata.

Kemudian terdapat air mata refleks yang diproduksi saat mata mendapat ransangan dari luar tubuh. Seperti air mata yang keluar setelah kita mengiris bawang, hal ini dikarenakan kelenjar lakrimal secara otomatis memproduksi air mata tersebut.

Terakhir adalah air mata emosional atau biasanya air mata yang keluar karena perasaan sedih, terharu, atau senang. Air mata ini merupakan jenis air mata yang lebih encer dan tidak asin dari yang lainnya. Air mata emosional dapat memicu pelepasan endorfin pada orang yang menangis dan membuat kesedihannya berkurang.

Lalu Mengapa Mata Membengkak Setelah Menangis?

Ketika kita menangis di malam hari, daerah mata kita terasa sembap dan bengkak menjelang pagi harinya. Hal ini disebabkan oleh air mata emosional yang jumlahnya lebih banyak dari air mata lain lalu keluar terus-menerus.

Laman Discovery melansir, air mata emosional memiliki komposisi kimia yang sedikit berbeda dari air mata basal dan refleks. Air mata emosional mengandung protein dan hormon yang tidak ada di dalam jenis air mata lainnya.

"Semua jenis air mata diproduksi oleh kelenjar lakrimal, yang letaknya tepat di atas mata. Biasanya kelenjar lakrimal hanya menghasilkan sedikit air mata yang melapisi mata setiap waktu. Seperti saat kita berkedip, air mata kemudian mengalir ke hidung melalui punctum lakrimal atau lubang kecil di sudut kelopak mata," tulis Andrea Michelson pada laman Discovery.