Asli atau Palsu: Temuan Mangkuk Bertabur Mantra Ajaib di Yerusalem

By Agnes Angelros Nevio, Kamis, 17 Maret 2022 | 12:00 WIB
Artefak yang disita oleh polisi di Yerusalem; para peneliti memperingatkan bahwa beberapa artefak mungkin palsu. ()

Nationalgeographic.co.id—Ratusan artefak, termasuk kerajinan gading dan tiga "mangkuk mantra" yang dihiasi dengan mantra magis kuno, telah ditemukan oleh polisi di Yerusalem.

Namun, tidak jelas apakah semua artefak itu asli. Sejumlah cendekiawan, memberikan wawasan tentang artefak dan memperingatkan bahwa beberapa di antaranya mungkin palsu.

Polisi menduga bahwa artefak itu dijarah dari situs-situs di Timur Tengah atau dicuri dari museum, menurut pernyataan 7 Maret dari the Israel Antiquities Authority (IAA). Banyak artefak, termasuk mangkuk mantra, berasal dari antara abad keempat dan kedelapan M, kata pernyataan itu, dan beberapa terlihat mirip dengan mangkuk yang dibuat di tempat yang sekarang disebut Irak.

"Teks di mangkuk ditulis oleh seniman untuk klien tertentu, sesuai dengan kebutuhan pribadi mereka," Amir Ganor, kepala divisi pencegahan perampokan IAA, mengatakan dalam pernyataan itu, mencatat bahwa mantra bisa saja digunakan untuk melawan dari penyakit, kutukan dan bahkan setan. "Kadang-kadang, seperti yang bisa dilihat di salah satu mangkuk, sosok setan 'malam' dicat di tengah mangkuk, mewakili individu yang mangkuk itu maksudkan untuk dilawan," kata Ganor. Banyak mangkuk mantra muncul di pasar barang antik setelah invasi pimpinan AS tahun 2003 ke Irak, Ganor menambahkan.

Sebuah kepala tombak ditemukan oleh polisi. ()

Dalam kasus ini, artefak disita dari sebuah rumah tinggal dan rumah lelang dalam operasi yang dilakukan bersama oleh unit pencegahan perampokan IAA dan polisi setempat, menurut pernyataan itu.

"Barang antik milik kita semua. Itu adalah warisan kita," kata Eli Escosido, direktur jenderal IAA, dalam pernyataannya. Tidak jelas apakah atau kapan artefak itu akan dipulangkan. Irak dan Israel tidak memiliki hubungan diplomatik, dan asal pasti dari beberapa artefak tidak pasti. Konon, mangkuk-mangkuk itu dipenuhi dengan petunjuk-petunjuk bersejarah. Teks pada mereka dalam "bahasa Aram Babilonia," kata pernyataan itu. Lebih dari satu milenium yang lalu, komunitas besar Yahudi di Irak sering membuat mangkuk seperti ini.

Polisi juga menemukan sejumlah artefak gading yang ditutupi dengan gambar detail, termasuk beberapa dengan "adegan dari dunia binatang, di samping ornamen geometris," kata perwakilan IAA dalam pernyataan itu. Beberapa artefak gading yang ditemukan semula mungkin telah ditempelkan pada furnitur. Selain itu, polisi menemukan koin kuno, barang pecah belah dan senjata selama operasi. 

Apa yang dikatakan mangkuk mantra?

Mangkuk mantra ini memiliki gambar yang tampak seperti iblis di tengahnya. ()

Butuh waktu berminggu-minggu untuk terjemahan penuh dan analisis mangkuk untuk mengetahui dengan pasti, Marco Moriggi, seorang profesor humaniora di the University of Catania di Italia, mengatakan, Dia juga mencatat bahwa ada kemungkinan mangkuk itu palsu.

"Tolong pertimbangkan lebih lanjut bahwa banyak pemalsuan telah ditemukan di koleksi publik dan pribadi," kata Moriggi kepada.