Foto Pertama dari Teleskop James Webb Telah Melampaui Ekspektasi

By Utomo Priyambodo, Jumat, 18 Maret 2022 | 07:00 WIB
Foto menakjubkan yang didapat oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb. Foto yang telah dihasilkan Teleskop Luar Angkasa James Webb ini dianggap telah melampaui harapan dan ekspektasi para astronom. (STScI / NASA)

Nationalgeographic.co.id—NASA telah merilis sebuah foto baru yang menakjubkan yang diambil oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb. Foto ini menunjukkan sebuah bintang dalam fokus penuh yang dikelilingi oleh pemandangan galaksi-galaksi yang memusingkan.

"Kami memiliki foto-foto inframerah resolusi tertinggi yang pernah diambil dari luar angkasa," kata Scott Acton, seorang ilmuwan penginderaan dan kontrol gelombang yang bekerja menangani teleskop tersebut, dalam sebuah video yang menyertai pengumuman tersebut.

"Teleskop bekerja lebih baik daripada yang dikatakan model seharusnya," tambah Acton seperti dilansir Futurism.

Ini adalah pencapaian luar biasa dan hasil besar bagi banyak ilmuwan yang telah bekerja tanpa lelah untuk mengembangkan, meluncurkan, dan menyebarkan observatorium besar luar angkasa tersebut. Foto yang telah dihasilkan Teleskop Luar Angkasa James Webb ini dianggap telah melampaui harapan dan ekspektasi para astronom.

"Lebih dari 20 tahun yang lalu, tim Webb memulai untuk membangun teleskop paling kuat yang pernah ada di luar angkasa dan menghasilkan desain optik yang berani untuk memenuhi tujuan sains yang menuntut,” kata Thomas Zurbuchen, administrator untuk Direktorat Misi Sains NASA dalam keterangannya.

Baca Juga: Akhirnya, Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA pun Diluncurkan

Baca Juga: Inilah Gambar Pertama yang Disajikan Teleskop Luar Angkasa James Webb

  

Akhir pekan lalu, para ilmuwan menyelesaikan fase penyelarasan terbaru teleskop, yang disebut "pentahapan halus." Dengan kata lain, teleskop dengan sempurna telah menyelaraskan 18 segmen cermin heksagonalnya untuk fokus pada satu bintang terang.

Hasilnya bahkan lebih baik dari yang diharapkan. Seperti yang dicatat NASA dalam siaran persnya, "setiap parameter optik yang telah diperiksa dan diuji berkinerja sesuai, atau bahkan di atas, ekspektasi."

Juga "tidak ada masalah kritis dan tidak ada kontaminasi terukur atau penyumbatan ke jalur optik Webb," menurut NASA.

"Kami telah sepenuhnya menyelaraskan dan memfokuskan teleskop ini pada sebuah bintang, dan kinerjanya mengalahkan spesifikasinya," kata Ritva Keski-Kuha, wakil manajer elemen teleskop optik untuk teleskop tersebut.