Temuan Selongsong Artileri Perang Saudara yang Tidak Meledak

By Agnes Angelros Nevio, Jumat, 25 Maret 2022 | 11:00 WIB
Para peneliti menemukan peluru artileri Perang Saudara seberat 10 pon di sebuah taman nasional di Georgia pada bulan Februari lalu. ()

Nationalgeographic.co.id—Para arkeolog menemukan selongsong artileri Perang Saudara yang belum meledak yang terkubur di bawah tanah di Kennesaw Mountain National Battlefield Park (KEMO) di Georgia bulan lalu.

Dilansir dari postingan Facebook milik National Park Service (NPS) Southeast Archaeological Center berusia 157 tahun, sepuluh pon cangkang Parrott saat menggunakan detektor logam untuk mensurvei taman pada 28 Februari lalu.

“Ada 'truisme' lama dalam arkeologipenemuan paling menarik hampir selalu pada hari terakhir. Dan proyek ini tidak terkecuali,” tulis tim tersebut di Facebook.

Meredith Hardy, salah satu arkeolog yang menemukan bahan peledak, mengatakan kepada Newsweek Bahwa kelompok tersebut melakukan survei sebelum pembuatan jalur pendakian yang direncanakan. Sebelum jalan dapat dibuka, para ahli harus membersihkannya dari artefak sejarah apa pun. Selain cangkang, tim menemukan kancing dan gesper dari seragam era Perang Saudara.

Setelah melihat persenjataan yang tidak meledak, kepala penjaga taman memanggil Pasukan Bom Kabupaten Cobb, yang mengirim dua teknisi bom untuk dengan hati-hati menggali cangkang dari tempat peristirahatannya sepuluh inci di bawah tanah. dilansir dari postingan Facebook milik Departemen Kepolisian Kabupaten Cobb, teknisi memindahkan putaran artileri ke bunker penyimpanan, di mana mereka berencana untuk menyerang balik agar aman.

Seperti yang ditulis Henri Hollis untuk Atlanta Journal-Constitution (AJC), ​​para ahli akan melubangi selubung cangkang dengan muatan terpisah untuk meledakkannya dengan aman. Meskipun teknisi berencana untuk menggunakan "biaya terkecil yang sesuai," menurut komentar departemen di posting Facebook, bahan peledak dapat dihancurkan dalam prosesnya.

Menurut NPS, taman seluas 2.965 hektar, yang terletak kira-kira tiga mil sebelah barat Marietta, mempertahankan medan pertempuran Perang Saudara di mana tentara Union dan Konfederasi bertempur antara 19 Juni dan 2 Juli 1864. Pertempuran itu adalah bagian dari Kampanye Atlanta, serangkaian bentrokan berpengaruh di Georgia utara yang akhirnya memaksa Konfederasi untuk menyerahkan kota. Kampanye yang berhasil meningkatkan moral di antara pasukan Union dan membantu Presiden Abraham Lincoln mengamankan pemilihan kembali pada November 1864.

Proyektil yang baru ditemukan berisi sekering perkusi yang tidak menyala saat terkena benturan, menurut SEAC. Cangkang silinder, yang memiliki dasar datar dan ujung melengkung yang meruncing, kemungkinan ditembakkan dari meriam Union Army, menurut departemen kepolisian.

   

Baca Juga: Belajar dari Sejarah, Berikut 5 Perang Saudara yang Paling Banyak Renggut Korban Jiwa

Baca Juga: Kuburan Era Perang Saudara Simpan Rangka Manusia yang Terpotong-potong

Baca Juga: The Hairy Eagle, Karya Seni Unik dari Rambut Abraham Lincoln