Daftar Lima Kereta Cepat Paling Cepat yang Beroperasi Untuk Umum

By Maria Gabrielle, Kamis, 24 Maret 2022 | 16:00 WIB
Potret Shanghai Maglev. Kereta cepat menjadi salah satu moda transportasi yang digemari. Selain menghemat waktu perjalanan, kereta cepat juga lebih ramah lingkungan. (Wikimedia Commons)

Moda transportasi kereta cepat sepertinya semakin digemari. Terbukti dari banyaknya negara-negara dunia yang berlomba-lomba membangun infrastruktur untuk kereta cepat. Selain itu, kereta cepat menjadi pilihan karena lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan pesawat terbang.

Sampai saat ini Tiongkok menjadi negara nomor satu di dunia yang memiliki jalur kereta cepat terpanjang. Diperkirakan negara Tirai Bambu itu memiliki jalur kereta cepat sepanjang 38.000 kilometer. Negara-negara lain di Asia seperti Indonesia dan Thailand turut meramaikan daftar negara-negara yang akan mempunyai kereta cepat.

Berikut ini lima kereta cepat paling cepat di dunia yang telah beroperasi untuk umum. Yuk, disimak!

  1. Shanghai Maglev - Tiongkok

Shanghai Maglev adalah kereta cepat yang terbilang unik. Alih-alih menggunakan roda baja konvensional sebagai penggerak, kereta ini menggunakan sistem levitasi magnetik.

Dilansir dari CNN, kereta dibuat berdasarkan teknologi dari Jerman, Shanghai Maglev melayang di sepanjang jalur. Kuatnya gaya magnet membuat perjalanan menjadi sangat mulus dan bebas gesekan.

Kereta beroperasi pada jalur yang menghubungkan Bandara Internasional Pudong di Shanghai dengan Stasiun Longyang Road di pusat kota. Dengan kecepatan operasional maksimal 460 kilometer/jam, kereta mampu menyelesaikan perjalanan sejauh 30 kilometer hanya dalam waktu tujuh setengah menit.

  1. CR400 'Fuxing Hao' - Tiongkok

Kereta Cepat Fuxing Hao. (Wikimedia Commons)

CR400 dibuat oleh perusahaan pembuat kereta Tiongkok, CRRC dan dioperasikan oleh China Railway. Kereta tersebut mampu melesat hingga 420 kilometer/jam walaupun kecepatan operasional dibatasi hanya sampai 350 kilometer/jam saja.

Dioperasikan pertamakali pada tahun 2017, Fuxing Hao berhasil menghubungkan Beijing dengan Shanghai yang terpaut jarak 1.214 kilometer hanya dalam empat jam. Railway Technology melaporkan varian terpanjang dari Fuxing Hao memiliki 17 gerbong dan mampu mengangkut 1.200 penumpang.

Selain itu, kereta memiliki fitur-fitur layaknya pesawat terbang. Kursi-kursi di kereta dilengkapi dengan soket listrik, bahkan setiap kursi kelas utama dilengkapi dengan perangkat hiburan pribadi dan pengisi daya nirkabel. Varian lain kereta jenis ini juga dibuat khusus untuk beroperasi di jalur ekstrim. Seperti jalur menghubungkan Beijing dan Harbin yang memiliki suhu dingin.

Dikabarkan jenis kereta yang sama akan diekspor ke Indonesia dengan nama Komodo. Hal ini menjadikan CR400 kereta cepat pertama di Indonesia yang menghubungkan Jakarta dan Bandung.

  1. ICE3 - Jerman

Siemens Velaro milik ICE. (Wikimedia Commons)