Amanirenas: Ratu Nubia yang Berani Melawan Serangan Pasukan Romawi

By Galih Pranata, Jumat, 25 Maret 2022 | 19:01 WIB
Patung kepala Ratu atau Kandake Amanirenas dari Nubia Kuno. (Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Dari tahun 25 hingga 21 SM, Amanirenas, seorang ratu atau Kandake dari Kerajaan Kush Kuno, berhasil melakukan apa yang tidak dapat dilakukan oleh banyak pemimpin kerajaan pada masanya: mendorong mundur invasi Romawi.

"Di bawah komando Ratu Amanirenas, sekitar 30.000 tentara Kerajaan Kush kuno (terletak di Sudan modern) mengangkat senjata dan melawan penjajah Romawi yang telah maju dari Mesir," tulis Kai Mora kepada History.

Kai Mora menulis dalam artikelnya berjudul The Nubian Queen Who Fought Back Caesar's Army, dipublikasikan pada 23 Maret 2022.

Bangsa Romawi telah merambah tanah subur di wilayah di bawah Mesir yang dikenal sebagai Nubia dan memberlakukan pajak yang tinggi atas orang-orang Meroë—ibu kota Kush.

Amanirenas secara strategis mengumpulkan pasukannya selama penarikan sementara pasukan Romawi untuk kampanye di Arabia. Pasukannya berhasil merebut kota Aswan, Philae, dan Elephantine yang diduduki Romawi.

Pasukan Kush menjarah kota-kota dan memperbudak Romawi, sebelum mundur ke El-Dakkeh di mana pertempuran pertama perang Meroitik-Romawi empat tahun dimulai.

"Perang Meroitik-Romawi menonjol sebagai titik penting dalam sejarah Nubia dan Romawi," tambahnya.

Tentara Romawi akhirnya mendominasi, tetapi mereka akhirnya memberikan konsesi kepada Kerajaan Mero yang melemahkan kedudukan politik dan ekonomi Roma dan mengesahkan kedaulatan Meroitik.

Sementara Amanirenas menjadi ikon unik dalam keberhasilan militernya melawan Romawi, perannya sebagai Kandake, atau penguasa wanita, bukanlah hal yang aneh di wilayah tersebut pada saat itu.

Selama lebih dari 3.000 tahun, tiga Kerajaan Kushite —Kerma, Napata, dan Meroë—memerintah Lembah Nil Tengah di Nubia, dan untuk periode yang lama dari aturan ini, wanita bertanggung jawab atas kerajaannya.

Garis panjang sejarah Kandake memerintah bersamaan dengan kekaisaran Roma dan Yunani yang tangguh.

Amanirenas sendiri memerintah pada masa pemerintahan Cleopatra di Mesir dan Mark Antony di Roma, sampai mereka digulingkan pada 30 SM oleh Augustus Caesar.