Beberapa Tren Kecatikan Era Victoria yang Bikin Geleng Kepala

By Agnes Angelros Nevio, Senin, 28 Maret 2022 | 07:00 WIB
Wanita di Era Victoria mencoba beberapa item makeup paling beracun yang dikenal dalam sejarah. ()

Nationalgeographic.co.id—Selama Era Victoria, make-up belum tentu dianggap sesuatu yang baik. Sebaliknya, wanita yang memakai make-up sering dianggap sebagai pelacur. Namun, sebelum Ratu Victoria naik takhta, make-up masih bisa diterima banyak orang di masyarakat.

Karena Ratu baru merasa riasan itu terlalu 'vulgar', kebanyakan wanita memilih tampilan yang lebih alami untuk menghindari terlihat sebagai 'wanita yang dicat'. Akibatnya, banyak item make-up dipopulerkan di Era Victoria Inggris untuk meningkatkan fitur feminin tanpa meninggalkan jejak penggunaan kosmetik.

Namun, sebagian besar produk baru ini terbuat dari bahan kimia beracun yang akan merusak tubuh tanpa perbaikan atau mengakibatkan kematian yang lambat. Mari kita lihat beberapa tren kecantikan seperti itu yang akan mengangkat alis bahkan hingga hari ini.

  1. Mesin Pembentuk Hidung

Ada mesin 'pembentuk hidung' selama Era Victoria. (M Yashna/Wikimedia Commons)

Sama seperti saat ini, orang-orang di Era Victoria terobsesi dengan bentuk hidung mereka. Namun, tidak ada instrumen canggih untuk operasi plastik yang tersedia saat itu. Sebagai gantinya, perangkat aneh yang disebut 'pembentuk hidung' dipasang di wajah orang tersebut, yang tugasnya hanya menekan dan membentuk tulang rawan hidung.

Sepanjang periode, pembentuk hidung sangat populer di kalangan wanita dan pria. Heather Biggs menemukan mesin hidung yang bisa diikat ke wajah dengan struktur logam di atas hidung. 'Mesin-mesin' ini biasanya diikat pada malam hari sehingga pada saat orang tersebut tidur, akan membentuk hidung mereka menjadi sesuatu yang lebih ramping dan panjang. Ini biasanya dipakai untuk waktu yang lama, membentang dari minggu ke bulan.

  1. Diet cacing pita

Wanita selalu sadar diri tentang berat badan mereka, terlepas dari era mereka hidup. ()

Selama periode Victoria, tidak ada tren lain yang lebih populer dari pada korset wanita yang akan membuat pinggang wanita tampak sempit dan membawa penampilan ke sosok jam pasir yang sempurna. Namun, terkadang itu saja tidak cukup. Begitu banyak wanita yang menggunakan 'diet' cacing pita; mereka akan makan pil cacing pita yang akan melepaskan cacing begitu berada di dalam perut.

Cacing-cacing ini akan memakan semua yang dimakan wanita itu sepanjang hari. Diet cacing pita dengan demikian membantu wanita mempertahankan berat badan mereka dan, pada gilirannya, membentuk mereka. Ketika mereka tidak lagi membutuhkan bantuan dari teman cacing mereka, mereka akan mengambil satu set obat untuk membunuh cacing pita.

  1. Obat tetes mata yang melebarkan pupil

Siapa yang tidak suka mata lebar dan berair? ()

Ada sesuatu yang unik tentang mata manusia—biasanya itu adalah hal pertama yang kita perhatikan pada orang lain. Selama Era Victoria, pria menyukai wanita dengan mata lebar dan berair. Begitu banyak wanita menggunakan obat tetes mata yang berasal dari nightshade yang mematikan. Tanaman belladonna ini sangat beracun: jika bagiannya seperti daun atau buah digunakan dalam jumlah banyak, bisa mengakibatkan kematian pada konsumennya.

Terlepas dari sifat racun tanaman, wanita Victoria menggunakan racun dalam obat tetes mata mereka untuk membuat mata mereka lebih menarik. Bahkan Ratu Victoria sendiri menggunakan obat tetes untuk mengobati kataraknya. Karena racun membantu melebarkan pupil, penglihatannya membaik, dan dia menghindari operasi sama sekali. Sayangnya, bagaimanapun, racun tersebut diketahui menyebabkan kebutaan jika digunakan secara berlebihan.