Mengungkap Misteri Ritual Penguburan Mayat Neolitikum di Turki

By Ricky Jenihansen, Kamis, 31 Maret 2022 | 10:00 WIB
Kerangka individu laki-laki berusia antara 35 dan 50 tahun dengan lukisan sinabar di tempurung kepala. (Marco Milella)

Nationalgeographic.co.id—Di Turki, sebuah ritual pemakaman zaman neolitikum atau zaman batu muda telah menarik perhatian para arkeolog dunia. Penduduk "kota tertua di dunia" di Atalhöyük atau Çatalhöyük (Turki) memiliki cara unik menguburkan mayat mereka. Mayat yang dikubur kemudian digali beberapa kali, selanjutnya tulangnya dicat dan kemudian dikuburkan kembali.

Sekarang, tim internasional dengan partisipasi University of Bern memberikan wawasan baru tentang bagaimana ritual tersebut dilakukan. Laporan penelitian tersebut telah dipublikasikan di jurnal bergengsi Nature scientific report dengan judul "New insights on commemoration of the dead through mortuary and architectural use of pigments at Neolithic Çatalhöyük, Turkey."

Atalhöyük atau Çatalhöyük (Central Anatolia, Turki) adalah salah satu situs arkeologi terpenting di Timur Dekat, dengan pendudukan yang berasal dari 9000 tahun yang lalu. Pemukiman Neolitik ini, yang dikenal sebagai kota tertua di dunia, meliputi area seluas 13 hektar dan menampilkan bangunan bata lumpur yang teragregasi padat.

Rumah-rumah atalhöyük menyajikan jejak arkeologi dari kegiatan ritual, termasuk penguburan intramural dengan beberapa kerangka bantalan jejak pewarna, dan lukisan dinding. Hubungan antara penggunaan pewarna dan aktivitas simbolik didokumentasikan di antara banyak masyarakat manusia dulu dan sekarang.

Di Timur Dekat, penggunaan pigmen dalam konteks arsitektur dan pemakaman menjadi sangat sering. Praktik tersebut bahkan mulai dari paruh kedua milenium ke-9 dan ke-8 SM.

Situs arkeologi Timur Dekat yang berasal dari Neolitikum telah mengembalikan sejumlah besar bukti aktivitas simbolis yang kompleks, seringkali misterius. Ini termasuk perawatan pemakaman sekunder, pengambilan dan sirkulasi bagian kerangka, seperti tengkorak, dan penggunaan pigmen di kedua ruang arsitektur dan konteks pemakaman.

Situs penggalian tertutup di atalhöyük. (Shutterstock)

Studi baru dari tim peneliti internasional ini memberikan analisis pertama penggunaan pigmen dalam konteks pemakaman dan arsitektur dari situs Neolitik penting ini. Studi ini memberikan wawasan baru dari ritual kuno tersebut.

Menurut penulis senior studi Marco Milella hasil penelitian mereka mengungkapkan misteri dari ritual penguburan mayat di kota tertua di dunia tersebut. Millela berasal dari Departemen Antropologi Fisik, Institut Kedokteran Forensik, University of Bern.

"Hasil ini mengungkapkan wawasan menarik tentang hubungan antara penggunaan pewarna, ritual pemakaman dan ruang hidup dalam masyarakat yang menarik ini," kata Milella dalam rilis media University of Bern.

Perjalanan waktu ke dunia warna, rumah, dan kematian oleh Marco Milella adalah bagian dari tim antropologi yang menggali dan mempelajari sisa-sisa manusia dari atalhöyük. Pekerjaannya melibatkan upaya membuat kerangka kuno dan modern "berbicara".

Kemudian menentukan usia dan jenis kelamin, menyelidiki luka akibat kekerasan atau perlakuan khusus terhadap mayat. Selanjutnya memecahkan teka-teki kerangka adalah kegiatan rutin di Departemen Antropologi Fisik tersebut.