Pertama Kalinya, Cumi-Cumi Terekam Berubah Warna Mengikuti Lingkungan

By Utomo Priyambodo, Kamis, 7 April 2022 | 08:00 WIB
Cumi-cumi ternyata juga punya kemampuan berkamuflase. (Ryuta Nakajima/OIST)

Nationalgeographic.co.id—Cumi-cumi ternyata juga bisa berkamuflase mengubah warna mereka seperti gurita dan sotong. Untuk pertama kalinya dalam catatan ilmiah, cumi-cumi teramati telah mengubah warnanya untuk berbaur dengan lingkungan sekitar.

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana komunitas ilmiah membutuhkan waktu begitu lama untuk melihat sekilas perilaku ini. Namun ketika Anda melihat betapa baiknya temuan ini, menjadi lebih mudah bagian Anda untuk memahami bagaimana tidak ada peneliti yang melihatnya lebih cepat.

Gurita dan sotong sebelumnya diyakini sebagai satu-satunya hewan sefalopoda yang mampu berkamuflase ke substrat sekitarnya. Namun sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Scientific Reports kini telah menambahkan cumi-cumi ke dalam daftar tersebut. Penemuan ini terjadi di laboratorium di mana para peneliti mengamati hewan-hewan yang mencoba untuk berbaur dengan warna kandang mereka.

"Cumi-cumi biasanya melayang-layang di laut terbuka, tetapi kami ingin mengetahui apa yang terjadi ketika mereka bergerak sedikit lebih dekat ke terumbu karang atau jika mereka dikejar oleh pemangsa ke dasar laut," jelas Ryuta Nakajima, peneliti tamu Okinawa Institute of Science and Technology Graduate University (OIST) yang menjadi salah satu peneliti dalam studi ini, seperti diberitakan IFL Science.

Karena cumi-cumi hidup di lautan terbuka, hal ini membuat hanya sedikit peneliti yang memiliki kesempatan untuk mempelajari perilaku cumi-cumi di dasar laut. Upaya untuk menjaga cumi-cumi tetap hidup juga telah mencegah banyaknya eksperimen laboratorium.

Namun, pada tahun 2017 para ilmuwan mengatasi masalah ini dengan membudidayakan spesies cumi-cumi oval yang dikenal secara lokal sebagai Shiro-ika. Ini adalah salah satu dari tiga cumi-cumi oval di perairan Okinawa, Jepang.

Adapun terkait kemampuan kamuflase cumi-cumi, temuan itu muncul sebagai sesuatu yang kebetulan seperti yang sering terjadi dalam penemuan ilmiah. Para peneliti di Okinawa Institute of Science and Technology Graduate University (OIST) sedang membersihkan tangki mereka yang telah ditutumpi sedikit alga.

Cumi-cumi berubah warna menjadi terang. (Ryuta Nakajima/OIST)

Pada pemeriksaan lebih dekat, mereka melihat bahwa ketika cumi-cumi berenang di atas ganggang, warnanya berubah menjadi lebih gelap sedangkan di bagian lain tangki warnanya lebih terang. Seolah-olah mereka berubah warna untuk mencoba dan berbaur lebih baik, sesuatu yang belum diakui secara resmi pada cumi-cumi.

Bersemangat dengan pengamatan kebetulan itu, para peneliti kemudian melakukan eksperimen terkontrol untuk mendapatkan ide yang lebih baik tentang apa yang sedang terjadi. Di dalamnya, mereka meninggalkan setengah tangki untuk mengembangkan ganggang sambil menjaga setengah lainnya tetap bersih dan menyiapkan kamera untuk mengamati apa yang terjadi selanjutnya.

  

Baca Juga: Mencari Kapal Perang, Berjumpa Cumi-cumi Langka Berlengan Panjang