Misteri Ratusan Anak Hilang oleh Peniup Seruling dari Hamelin

By Hanny Nur Fadhilah, Selasa, 12 April 2022 | 14:00 WIB
Apakah Kematian Pied Piper dipersonifikasikan? (Archivist /Adobe Stock)

Nationalgeographic.co.id—Banyak yang familiar dengan kisah peniup seruling dari Hamelin atau  Pied Piper of Hamelin. Namun sedikit yang menyadari, bahwa cerita itu didasarkan pada peristiwa nyata, yang berkembang selama bertahun-tahun menjadi dongeng yang dibuat untuk menakuti anak-anak.

Bagi mereka yang tidak terbiasa dengan kisah tersebut, Pied Piper of Hamelin berlatar pada tahun 1284 di kota Hamelin, Lower Saxony, Jerman. Kota ini sedang menghadapi serangan tikus, dan seekor peniup seruling, mengenakan mantel berwarna cerah muncul. Peniup ini berjanji untuk menyingkirkan tikus dengan imbalan pembayaran, yang disetujui oleh penduduk kota.

Meskipun peniup seruling menyingkirkan tikus dengan membawa mereka pergi dengan musiknya, orang-orang Hamelin mengingkari janji mereka. Peniup seruling ini marah dan pergi lalu bersumpah untuk membalas dendam.

Pada tanggal 26 Juli tahun yang sama, si peniup kembali dan membawa anak-anak pergi, tidak pernah terlihat lagi, seperti yang dilakukannya pada tikus. Namun demikian, satu atau tiga anak tertinggal, tergantung versi mana yang diceritakan. Anak-anak ini ada yang lumpuh, tuli hingga buta.

Catatan paling awal yang diketahui dari cerita ini adalah dari kota Hamelin itu sendiri. Digambarkan dalam jendela kaca patri yang dibuat untuk gereja Hamelin, yang berasal dari sekitar tahun 1300 Masehi. Meskipun dihancurkan pada tahun 1660, beberapa catatan tertulis masih ada. Yang tertua berasal dari manuskrip Lueneburg (c 1440 – 50), yang menyatakan: “Pada tahun 1284, pada hari Santo Yohanes dan Paulus pada tanggal 26 Juni, oleh seorang peniup pipa, berpakaian dalam berbagai macam warna, 130 anak lahir di Hamelin dirayu, dan hilang di tempat eksekusi dekat koppen.” 

Jalan yang seharusnya tempat anak-anak terakhir terlihat sekarang disebut Bungelosenstrasse (jalan tanpa drum), karena tidak ada yang diperbolehkan bermain musik atau menari di sana. Kebetulan, dikatakan bahwa tikus-tikus itu tidak ada dalam kisah-kisah sebelumnya, dan hanya ditambahkan ke dalam cerita sekitar pertengahan abad ke-16. Selain itu, jendela kaca patri dan sumber tertulis utama lainnya tidak berbicara tentang wabah tikus.

Apa yang Sebenarnya Terjadi di Hamelin?

Pied Piper membawa anak-anak Hamelin pergi. (Archivist /Adobe Stock)

Jika hilangnya anak-anak itu bukan tindakan balas dendam, lalu apa penyebab tindakan peniup seruling? Ada banyak teori yang mencoba menjelaskan apa yang terjadi pada anak-anak Hamelin.

Misalnya, satu teori menyatakan bahwa anak-anak meninggal karena beberapa penyebab alami, dan bahwa si peniup seruling ini sebenarnya adalah personifikasi kematian. Dengan mengasosiasikan tikus dengan Black Death, telah disarankan bahwa anak-anak menjadi korban wabah itu. Namun, Black Death paling parah di Eropa antara 1348 dan 1350, lebih dari setengah abad setelah peristiwa di Hamelin.

Teori lain menunjukkan bahwa anak-anak sebenarnya diusir oleh orang tua mereka, karena kemiskinan ekstrim di mana mereka tinggal. Namun teori lain berspekulasi bahwa anak-anak adalah peserta dari 'Perang Salib Anak' yang ditakdirkan, dan mungkin berakhir di Rumania modern.

Ada juga anggapan bahwa kepergian anak-anak Hamelin terkait dengan Ostsiedlung, di mana sejumlah orang Jerman meninggalkan rumah mereka untuk menjajah Eropa Timur. Merefleksikan hipotesis ini, Wibke Reimer, koordinator proyek di Museum Hameln, mengatakan “Dalam skenario ini Pied Piper memainkan peran sebagai pencari atau perekrut. Mereka bertanggung jawab untuk mengatur migrasi ke timur dan dikatakan mengenakan pakaian berwarna-warni dan memainkan alat musik untuk menarik perhatian para pemukim.”