Sanksi Rusia, Masa Depan Stasiun Luar Angkasa Internasional Terancam

By Ricky Jenihansen, Senin, 11 April 2022 | 13:00 WIB
Rusia dapat mengakhiri kerja samanya di ISS dalam waktu dua tahun. Imbas sanksi yang dijatuhkan pada Rusia atas invasinya ke Ukraina dinilai para ahli mengancam masa depan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). (Kremlin)

Nationalgeographic.co.id—Imbas sanksi yang dijatuhkan pada Rusia atas invasinya ke Ukraina dinilai para ahli mengancam masa depan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Rusia dapat mengakhiri kerja samanya di ISS dalam waktu dua tahun, hingga tahun 2024.

Seperti diketahui, Amerika Serikat dan sekutunya terus meningkatkan tekanan pada Rusia atas serangannya ke Ukraina. Sanksi tersebut membuat Rusia mengambil sikap dan dapat berdampak besar secara global termasuk dunia sains.

Konflik tersebut, menurut para ahli, memiliki konsekuensi luas bagi industri dan organisasi terkait sains di seluruh dunia. Salah satu yang paling menjadi perhatian dunia adalah ancaman oleh direktur jenderal badan antariksa Roscosmos Rusia untuk mengakhiri keterlibatannya pada ISS.

Meskipun sebagian besar pengamat menilai ancaman Rusia tersebut hanya gertakan politik semata dari Rusia, tetapi ancaman tersebut benar-benar dapat berdampak luas. Beberapa ahli mengatakan kepada Live Science bahwa Rusia hanya akan berkomitmen pada proyek ISS hingga 2024. Kemungkinan tersebut tidak seperti yang diusulkan oleh badan antariksa Amerika Serikat (NASA) dan mitra lainnya sebelumnya untuk Rusia terlibat hingga 2030.

Mundurnya Rusia dari proyek tersebut dapat berarti sebagian besar ISS hanya akan bergantung kepada NASA untuk menjaga proyek tersebut selama hampir 10 tahun. Tugas tersebut sebelumnya menjadi tanggung jawab Rusia hingga sekarang.

Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) (NASA)

Menurut para ahli, setiap kerjasama yang berhubungan dengan sains dengan Rusia mungkin akan menjadi sangat sulit. Ancaman itu menandakan betapa parah akibat dari tindakan Rusia di Ukraina telah merusak hubungan dalam komunitas ilmiah antara negara itu dan seluruh dunia.

Kepala Roscosmos Dmitry Rogozin menyatakan dalam bahasa Rusia di Twitter pada Sabtu, 2 April 2022 bahwa "hubungan normal" antara mitra di ISS hanya dapat dipulihkan setelah "pencabutan sanksi ilegal sepenuhnya dan tanpa syarat."

Rogozin adalah tokoh politik yang memiliki hubungan dekat dengan presiden Rusia Vladimir Putin dan memiliki sejarah membuat pernyataan yang keras. Dia mentweet pada 24 Februari 2022, ketika Rusia mulai menginvasi Ukraina. "Bahwa sanksi apa pun yang dijatuhkan sebagai akibatnya dapat "menghancurkan" kemitraan antara Rusia dan Amerika Serikat yang membuat ISS tetap beroperasi dan tetap tinggi," katanya.

Meski demikian, aktivitas di stasiun luar angkasa relatif normal sejak saat itu, dengan kedatangan tiga kosmonot Rusia pada pertengahan Maret lalu dan kembalinya astronot NASA Mark Vande Hei ke Bumi minggu lalu menggunakan pesawat ruang angkasa Soyuz milik Rusia.

Astronot NASA Mark Vande Hei ke Bumi menggunakan pesawat ruang angkasa Soyuz Rusia (NASA)

Namun, mungkin ada lebih dari sekadar sikap politik terhadap ancaman terbaru Rogozin untuk mengakhiri kerja sama Rusia di ISS. Dalam tweetnya belum lama ini, dia membagikan apa yang dia katakan adalah surat 30 Maret dari administrator NASA Bill Nelson.