Kekuatan Xochiquetzal, Dewi Suku Aztec Ubah Pendeta Jadi Kalajengking

By Hanny Nur Fadhilah, Jumat, 15 April 2022 | 17:00 WIB
Penggambaran Xochiquetzal dengan bunga. (Codex Fejérváry-Mayer/ Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Bagi suku Aztec, Xochiquetzal adalah dewi keindahan, kesenangan, dan cinta. Dia umumnya dikaitkan dengan hal-hal indah seperti bunga, tanaman, lagu dan tarian. Hal ini sangat berbeda dari mayoritas dewa Aztec, yang dikaitkan dengan peperangan dan pengorbanan.

Xochiquetzal diyakini sebagai dewi yang kuat yang tidak bisa dianggap enteng. Salah satu ritual yang mengelilinginya berkisar pada pengorbanan manusia dan menguliti kulit korban.

Bunga Bulu Berharga

Nama 'Xochiquetzal' dapat diterjemahkan berarti 'Bunga Bulu Berharga', dan dewi ini dikenal sebagai Ichpochtli, yang berarti 'gadis'. Suku Aztec percaya bahwa wilayah Xochiquetzal adalah cinta, keindahan, dan kesenangan, dan bahwa dia adalah pelindung para pecinta dan pelacur, serta pengrajin, termasuk seniman, pengrajin perak, dan penenun. Asosiasi Xochiquetzal dengan bunga terlihat jelas dalam ikonografinya, di mana sang dewi biasanya digambarkan sedang memegang buket bunga. Atau, dia diperlihatkan dengan alat tenun di tangannya, yang membuktikan otoritasnya atas seni rumah tangga.

Punya Saudara Kembar

Xochiquetzal (tengah) dan saudara kembarnya Xochipilli dijelaskan dalam Codex Borgia. (Codex Borgia/ Wikimedia Commons)

Dalam sistem kepercayaan suku Aztec, Xochiquetzal adalah putri Tlazolteotl, seorang dewi yang terhubung dengan konsep yang berlawanan tentang kotoran dan pemurnian. Dia memiliki saudara kembar bernama Xochipilli, yang diasosiasikan dengan kecantikan dan seni.

Beberapa sumber menyatakan bahwa ayah Xochiquetzal adalah Piltzintecuhtli, dewa matahari terbit. Sementara yang lain mengklaim bahwa dia adalah suami pertamanya. Bagaimanapun, diketahui bahwa dia menikah dengan Tlaloc, dewa hujan dan air. Namun, pada suatu saat, Xochiquetzal diculik oleh Tezcatlipoca, dewa malam, dan dipaksa untuk menikah dengannya.

Ritual Berdarah untuk Menghormati Dewi

Meskipun Xochiquetzal adalah dewi dari hal-hal yang lebih baik dalam hidup, dia adalah dewa yang kuat dalam dirinya. Dalam satu mitos, Xochiquetzal menunjukkan kekuatan itu dengan mengubah salah satu pendetanya menjadi kalajengking.

   

Baca Juga: Menelisik Uniknya Bahasa Nahuatl, Bahasa yang Digunakan Suku Aztec