Astronom Ukraina Menemukan 5 Eksokomet Baru di Sekitar Beta Pictoris

By Ricky Jenihansen, Jumat, 22 April 2022 | 14:00 WIB
Ilustrasi eksokomet. (Alan Dyer)

Nationalgeographic.co.id—Tim astronom dari Main Astronomical Observatory (MAO) of the National Academy of Sciences of Ukraine di Kyiv melaporkan telah menemukan lima komet di luar tata surya atau disebut eksokomet. Mereka juga secara independen mengkonfirmasi beberapa eksokomet yang sebelumnya terdeteksi oleh peneliti lain. Rincian penemuan tersebut telah dipublikasikan jurnal Astronomy & Astrophysics dengan judul "New exocomets of β Pic" baru-baru ini.

Para astronom menggunakan data dari NASA Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) untuk mendeteksi Eksokomet. Kelima komet tersebut transit di sekitar Beta Pictoris (β Pictoris), bintang paling terang kedua di konstelasi Pictor, sekitar 63 tahun cahaya dari Bumi. Beta Pictoris adalah bintang tipe A5 dengan massa sekitar 1,8 kali Matahari dan usianya hanya 20 juta tahun.

Beta Pictoris (alias Beta Pic) jauh lebih muda dari matahari, hanya berusia 10 hingga 40 juta tahun dibandingkan dengan 4,5 miliar tahun tata surya, menjadikannya model yang berguna tentang apa yang terjadi selama masa muda sistem planet. Bintang ini diorbit oleh planet gas raksasa 11 kali lebih besar dari Jupiter (disebut Beta Pic b) dan piringan debu yang sangat besar dengan diameter hampir 65 miliar kilometer, yang dikenal sebagai piringan puing.

Beta Pictoris b adalah raksasa gas sekitar 9 sampai 13 kali massa Jupiter. Ia mengorbit bintang induknya sekali setiap 22 tahun pada jarak 9,8 AU (satuan astronomi). Sedangkan Beta Pictoris c memiliki massa 8,2 kali massa Jupiter dan lebih dekat dengan bintangnya. Ia mengorbit pada 2,7 AU dan memiliki periode orbit sekitar 1.200 hari.

Dr. Yakiv Pavlenko dan rekan-rekannya, para astronom yang melakukan pengamatan, mengatakan bahwa variasi optik jangka pendek dari kecerahan Beta Pictoris pertama kali dilaporkan pada tahun 1995. "Baru-baru ini, para astronom mempresentasikan analisis kurva cahaya Beta Pictoris berdasarkan data TESS. Untuk menjelaskan fenomena tersebut, mekanisme hamburan cahaya bintang oleh awan debu yang memanjang atau oleh koma komet yang melintasi piringan bintang diadopsi sebagai yang paling masuk akal," kata Pavlenko.

Konsepsi seniman ini menunjukkan eksokomet dalam sistem planet muda. (NASA / JPL-Caltech)

Para astronom menemukan tiga peristiwa transit yang ditafsirkan sebagai lintasan eksokomet melintasi piringan bintang Beta Pictoris. Dalam studi tersebut, para astronom menganalisis data TESS dari Arsip Mikulski untuk Teleskop Luar Angkasa (MAST).

"Tujuan dari penelitian kami adalah untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut dari kurva cahaya Beta Pictoris dengan mencari peristiwa transit yang dapat ditafsirkan sebagai bagian exocomet melintasi piringan bintang," kata Pavlenko, dilansir Sci-News.

Mereka menemukan lima peristiwa baru yang berbeda dengan bentuk yang menyerupai profil yang diharapkan karena perjalanan benda mirip eksokomet melintasi piringan bintang. Jarak orbit objek transit adalah antara 0,5 dan 1,5 SA. "Transit baru ini memiliki profil asimetris dengan penurunan fluks yang sangat dangkal pada level 0,03 persen dan durasi antara 0,51 dan 2,01 hari," kata para astronom.

Komet ISON bersinar dalam paparan lima menit yang diambil di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Marshall NASA pada 8 November pukul 5:40 pagi EST. (NASA/MSFC/Aaron Kingery)

Transit yang baru, menurut para astronom, ditemukan sangat mirip dalam durasi dan kedalaman dengan kemiringan asimetris yang dangkal, kecuali yang terakhir terdegradasi, yang ditemukan pada 2019. "Kami menyimpulkan bahwa sistem muda Beta Pictoris menunjukkan aktivitas komet yang signifikan," para astronom menjelaskan.

Faktanya, memang penemuan ini bahkan bukan pertama kalinya eksokomet terlihat di sekitar Beta Pic, deteksi pertama dengan TESS diketahui pada tahun 2019. Penelitian sebelumnya juga menyimpulkan bahwa Beta Pic sebenarnya memiliki dua kelompok eksocomet yang berbeda dengan sifat yang berbeda.