Penemuan Makam Kapal di Norwegia, Diduga Milik Kaum Elit Bangsa Viking

By Maria Gabrielle, Selasa, 26 April 2022 | 15:00 WIB
Potret lokasi makam perahu di Norwegia bagian barat. (Jani Causevic / NIKU via Pen News)

Nationalgeographic.co.id—Telah ditemukan makam kapal atau kuburan perahu bangsa Viking di Norwegia bagian barat. Para arkeolog menduga makam ini merupakan tempat peristirahatan terakhir dari seseorang berstatus tinggi.

Dilansir dari Daily Mail, makam ditemukan sembilan meter di bawah tanah, dipimpin oleh Institut Penelitian Warisan Budaya Norwegia (NIKU) yang berbasis di Oslo. Mereka bekerja menggunakan radar penembus tanah.

Tidak ada informasi yang diketahui tentang individu yang dikuburkan dalam perahu. Tim yang dipimpin oleh Jani Causevic ini menduga individu tersebut memiliki status tinggi. Karena jenis penguburan itu disediakan untuk orang-orang paling penting di masyarakat.

“Perahu adalah barang yang mahal pada masa itu. Siapa pun yang dimakamkan di sana mungkin adalah seseorang yang penting,” ujar Jani Causevic.

“Mereka ingin menandakannya dengan memberi mereka penguburan yang berharga. Biasanya orang-orang dengan status tinggi akan dikuburkan dengan perahu,” lanjutnya.

Perahu tersebut memiliki panjang 9,1 meter dengan tempat duduk untuk enam orang. Ditemukan di samping beberapa gundukan pemakaman yang lebih kecil di komunitas Viking yang aktif pada 1.500 dan 2.000 tahun yang lalu.

Makam kapal atau kuburan perahu dikenal dalam sejarah Viking. Sebagian besar kapal yang ditemukan lebih kecil daripada temuan Jani Causevic.

“Ini sangat menarik. Tidak hanya untuk menemukan peninggalan seperti itu, tetapi juga untuk melihat bagaimana penggunaan georadar memberi kita kesempatan untuk mengeksplorasi dan mendokumentasikan sejarah budaya melalui metode baru dan menarik,” terangnya.

Penampakan makam kapal atau kuburan perahu yang digali tahun 1904 silam. (Olaf Vaering/Kulturhistorisk Museum UiO/Pen News)

Øyesletta dan kotamadya Kvinesdal di sekitarnya sudah dikenal sebagai tempat pemakaman. Kendati demikian ini adalah kali pertama kuburan perahu ditemukan di sana. Makam belum digali dan harta apa yang tersisa di dalamnya masih belum diketahui.

Jani Causevic mengungkapkan belum diketahui apa yang akan terjadi pada perahu tersebut. Jika konstruksi jalan melewatinya, maka makam akan digali.

Tetapi jika pihak terkait memilih rute yang berbeda, maka kemungkinan besar makam akan dibiarkan begitu saja. Sebagai informasi, temuan ini merupakan bagian dari pekerjaan arkeologi di rute jalan bebas hambatan E39 yang akan dibangun dekat Øyesletta, Norwegia bagian barat.